AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Cara Cek Oli di Toyota Calya

Foto : Mahmudi Restyanto

Tips Cara Cek Oli di Toyota Calya

Salah satu cairan penting di mobil baru seperti Toyota Calya adalah oli mesin. Bila MPV LCGC ini adalah kendaraan pertama Anda maka perhatikan cara cek oli di Toyota Calya apakah kondisinya masih baik dan tidak kurang

Salah satu cairan penting di mobil baru seperti Toyota Calya adalah oli mesin. Bila MPV LCGC ini adalah kendaraan pertama Anda maka perhatikan cara cek oli di Toyota Calya apakah kondisinya masih baik dan tidak kurang.

Sebelumnya harap diingat bahwa kapasitas oli mesin pada Toyota Calya adalah 3,5 liter. Kapasitas tersebut merupakan referensi kuantitas yang digunakan ketika penggantian oli mesin.

Untuk cara mengeceknya, panaskan dahulu mesin mobil Anda dan matikan mesin. Tunggu sekitar 5 menit, lalu periksa level oli dengan dipstick yang tersedia.

Tambah Jika Kurang

Dari dipstick tersebut bisa terlihat bila cairan sudah hitam maka saatnya ganti oli baru. Selain itu, di ujung dipstick juga terlihat level oli apakah dibawah F (full) atau tidak. Bila jauh di bawah F maka bisa Anda tambahkan sedikit.

Adapun viskositas yang direkomendasikan (SAE) untuk oli Toyota Calya adalah 0W-20. Bila Anda merasa harganya terlalu mahal, Toyota memberi opsi lain yakni oli 5W-30 yang bisa digunakan untuk mesin Dual VVTi Toyota Calya. Oh ya, Toyota Calya sebaiknya ganti oli setiap kelipatan 10.000 km.


 

Komentar