AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Cara Gunakan Engine Brake yang Benar dan Aman

Foto : Arizona Sudiro

Tips Maksimalkan Penggunaan Engine Brake



Selain menekan pedal rem, ada cara lain untuk menurunkan laju kendaraan, yaitu dengan optimalisasi teknik engine brake. Beberapa pengemudi melakukan itu umumnya untuk meringankan kerja dari sistem pengereman.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Totoya Astra Motor, mengatakan, engine brake merupakan salah satu teknik mengurangi kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan putaran mesin. Caranya ialah dengan mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi rendah, misalnya dari empat ke tiga, tanpa kembali digas.

"Engine brake ialah pengereman laju kendaraan, yang terjadi akibat hambatan putaran yang terjadi pada mesin. Walaupun tidak menurunkan posisi transmisi, dengan mengendurkan gas dan terasa mobil sudah tertahan, itu juga bisa disebut engine brake. Namun, kondisi ini akan terasa pada posisi transmisi 1 sampai  3," kata Iwan.

Iwan melanjutkan, selain dengan menurunkan gigi transmisi 1 atau 2 tingkat tanpa digas, hambatan pada mesin terjadi karena asupan bensin yang dihentikan sehingga mesin tertahan oleh gigi transmisi.

"Kedua hambatan pada mesin itu yang nantinya akan berefek pada naiknya RPM mesin, tetapi tidak disertai dengan power atau tenaga," ujar Iwan.

Iwan menambahkan, engine brake bisa dilakukan dalam kondisi jalan apa pun, kecuali pada saat jalan menanjak. Namun, waktu yang tepat untuk melakukan engine brake ialah pada saat melalui jalanan menurun yang panjang ataupun saat kecepatan tinggi di jalan lurus.

Komentar

Berita Terkait

road-safety

Jumat, 26 Februari 2016

Teknik Pengereman Sesuai Situasi dan Kondisi Jalan

Teknik pengereman sesuai situasi dan kondisi jalan. Cara pengereman di berbagai situasi dan apa yang harus dilakukan

knowledge

Sabtu, 20 Februari 2016

Goodyear Assurance TripleMax Mampu Mengurangi Jarak Pengereman Lebih Pendek 2 Meter

Goodyear merespons kebutuhan pengendara yang merasa khawatir mengemudi di kondisi jalanan basah dan musim hujan dengan menghadirkan Goodyear Assurance TripleMax, yang mampu mengurangi jarak pengereman lebih pendek 2 meter

road-safety

Jumat, 26 Februari 2016

Mempelajari Teknik Pengereman Sesuai Situasi dan Kondisi

Deselerasi adalah salah satu bagian krusial ketika mengemudi. Anda mesti mempelajari teknik pengereman sesuai situasi dan kondisi Tak lain karena pengereman kerap membutuhkan cara yang berbeda-beda untuk situasi dan kondisi yang berbeda pula

road-safety

Senin, 4 Mei 2015

Cara Pengereman Mobil Tanpa ABS

Di Indonesia, masih ada beberapa model dan tipe mobil yang tidak dilengkapi ABS. Bagaimana cara pengereman mobil tanpa ABS?

road-safety

Minggu, 19 Januari 2014

Tes Pengereman Mobil di Jalan Basah dan Kering

Pengereman di jalan basah dan kering berbeda. Baik itu pada mobil dengan rem ABS atau non ABS. Ini datanya.