AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Modifikasi Ringan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Foto : Heri Kuswanto

Tips Modifikasi Ringan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Dengan semakin banyaknya kedua mobil ini di jalan, opsi personalisasi tampilan bisa menjadi solusi agar Calya atau Sigra Anda terlihat berbeda. Inilah tips modifikasi ringan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Dengan semakin banyaknya kedua mobil ini di jalan, opsi personalisasi tampilan bisa menjadi solusi agar Calya atau Sigra Anda terlihat berbeda. Inilah tips modifikasi ringan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Sejak peluncurannya beberapa waktu lalu, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra langsung tampil bak primadona. Desain atraktif, kabin untuk 7 penumpang, dan harga yang relatif terjangkau, membuat kedua mobil kembar ini langsung jadi incaran konsumen.

Kami memprediksi, tidak butuh waktu yang lama bagi Calya dan Sigra memadati jalan raya. Jika sudah begini, pemilik Calya atau Sigra yang ingin tampil beda harus memikirkan cara agar mobilnya bisa terlihat lain dari model regular masing-masing. Tapi kami tidak menyarankan perubahan bodi yang terlalu ekstrem mengingat desain keduanya yang sudah cukup segar.

Langkah awal yang bisa dilakukan, bisa tertuju pada rombakan kaki-kaki. “Ukuran pelek standar Calya dan Sigra itu berdiameter 14 inci dengan PCD 100 sama dengan Ayla atau Agya. Saran kami, kalau mau terlihat lebih menarik bisa naik jadi 15 inci atau maksimal 16 inci,” buka Yudi dari J’Style World of Rims, spesialis pelek dan ban di Jalan Alternatif Cibubur No. 75, Depok, Jawa Barat.

Sebenarnya untuk varian teratas Calya dan Sigra sudah menggunakan pelek alloy multi spoke. Tapi karena ukurannya yang kecil, terlihat kecil di ruang sepatbor. Sehingga opsi penggantian pelek, bisa membuat keduanya tampil lebih gaya.

Opsi pelapis jok menggunakan green leather atau kulit sintetis bisa jadi pilihanSudah tersedia engine start/stop khusus Calya dan Sigra

“Untuk model peleknya bisa menggunakan model bintang lansiran HSR dengan warna-warna netral seperti putih atau kecoklatan. Atau bila ingin lebih mencolok ada juga yang warna emas,” tambah Yudi. Ia mengklaim untuk opsi pelek sporti ini harganya berkisar Rp 3,5 – 4 juta.

Opsi modifikasi ringan juga bisa diterapkan seperti menambahkan pelipatan spion elektris dan juga aplikasi engine start/stop. Jika pelipatan spion elektris untuk Calya dan Sigra ini dibanderol full set Rp 2,1 juta, maka opsi engine start/stop lansiran No Doubt dipasarkan Rp 6,6 juta.

Anda juga bisa mendandani interior. Paling mudahadalah melapis ulang jok 3 baris mobil ini yang seluruhnya masih menggunakan material fabric. Solusinya bisa menggunakan jok semi kulit atau pelapis berbahan kulit sintetis dengan motif sesuai selera.

Peningkatan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan upgrade komponen audio. “Untuk layout dasbor Sigra dan Calya itu memang mirip dasbor Daihatsu Grand Luxio yang landai. Sebenarnya tidak ada masalah. Jadi mungkin untuk upgrade awal. bisa menggunakan speaker split 2-way dan subwoofer aktif model slim,” ujar Edy Susanto, instalatur Cartenz Audio di Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan.

Anda juga bisa mengganti head unit double DIN dengan model layar sentuh. Prediksi kami, ukuran layar monitor sentuh yang pas untuk mobil ini antara 6-7 inci. Sementara untuk mendapatkan kualitas audio yang baik sekaligus menyiasati bising suara di luar kabin, Anda bisa menambahkan peredam. “Untuk peredaman bisa dimulai dengan menambahkan 3 lembar peredam di sekitar area pintu,” tambah Edy lagi.

Penggantian pelek maksimal 16 inci dengan penampang ban yang lebih tebalUpgrade audio bisa dengan mengganti speaker, subwoofer dan peredamPelipatan spion elektris memberikan kemudahan

Range Biaya Ganti Pelek

- Pelek HSR ukuran 15x65 4x100 ET40 warna putih, cokelat, emas di J’Style : Rp 3,5 – 4 juta
- Pelek OZ Racing 15x6,5 4x100 + Ban Achiles 185/60-15 di PT Aneka Speed, Radio Dalam : Rp 5,8 juta

Range Pasang Spion Elektris da n Engine Start /Stop

- Retractable mirror kit (motor modul, kabel, dan switch) untuk Sigra dan Calya : Rp 2,1 juta
- Engine Start/Stop lansiran No Doubt untuk Sigra dan Calya : Rp 6,6 juta

Range Biaya Modifikas i Interior

- Pelapis jok 3 baris menggunakan green leather Nappa di Autoskin : Rp 8 juta
- Pelapis jok 3 baris kulit sintetis Chronus dari PT APN : Rp 4,7 juta
- Pelapis jok 3 baris kulit sintetis Napa Prime dari PT APN : Rp 3,7 juta

Range Biaya Modifikas i Audio

- Paket 1 : speaker Cresendo Evo 1 + 3 lembar peredam + subwoofer aktif Dominations + kabel + instalasi dan setting di Cartenz Audio : Rp 6,49 juta
- Paket 2 : speaker Flux BC2611 + 3 lembar Peredam + subwoofer aktif Dominations + kabel + instalasi dan setting di Cartenz Audio : Rp 7,39 juta


 

349/64-65(6-19Sep16)

Komentar