AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Pasang Cruise Control di Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner

Foto : Triyatna Widiyadi

Tips Pasang Cruise Control di Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner

Inilah tips pasang cruise control di Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Secara fisik pengaturan cruise control yang digunakan di Kijang Innova dan Fortuner sama dengan milik Alphard dan Camry, yaitu berbentuk tuas

Inilah tips pasang cruise control di Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Secara fisik pengaturan cruise control yang digunakan di Kijang Innova dan Fortuner sama dengan milik Alphard dan Camry, yaitu berbentuk tuas.

Dengan membeli komponen cruise control, Anda mendapatkan tuas pengaturan, kabel plus soket untuk menghubungkan ke ECU dan cover batang stir yang sudah berlubang.

“Pemasangan komponen fitur cruise control di Kijang Innova dan Fortuner tergolong cukup rumit, karena harus membuka airbag terlebih dahulu di bagian stir,” jelas Erik.

Meski tergolong rumit, pemasangan cruise control di Kijang Innova dan Fortuner bersifat ‘plug and play’. Karena ketika soket-soket yang menghubung ke ECU telah terpasang, konsumen pun langsung bisa menggunakan fitur tersebut.

“Fitur cruise control hanya bisa digunakan pada Fortuner bermesin diesel, karena Fortuner dengan mesin bensin memiliki ECU yang berbeda. Sedangkan pada Kijang Innova, hanya bisa digunakan di versi terbaru dan hanya untuk tipe Q,” kata Erik.

Untuk memilikinya konsumen harus menebus fitur tersebut seharga Rp 1,5 juta. Menariknya, harga yang dilansir itu sudah termasuk biaya jasa pemasangan.

Tak perlu dilubangi cover batang stir, karena sudah tersedia cover yang berlubangSoket penghubung terpisah dari device


 

355/70-71(30Nov-13Des16)

Komentar