AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Perawatan Hybrid

Foto : Aries Aditya Putra

Tips Ringan Merawat Mesin Hybrid



Toyota boleh disebut sebagai pelopor kendaraan hybrid di Indonesia. Pasalnya mereka sudah memulai dengan menghadirkan Toyota Camry Hybrid dan Toyota Alphard Hybrid. Berikut tips ringan merawat mesin hybrid.

Selain ramah lingkungan, mobil hybrid juga diklaim sangat pas untuk kendaraan perkotaan. Dengan dua jantung pacu yakni mesin bakar dan motor listrik, perlakuan terhadap mobil bermesin hybrid rupanya tidak terlalu rumit.

“Kalau secara keseluruhan sebenarnya mobil hybrid dengan mobil mesin konvensional tidak ada perbedaan sama sekali. Cek tiap 10.000 km, ganti oli, dan lainnya, ya hampir sama lah,” ucap Iwan Abdurrahman, Kepala Bengkel TAM Sunter kepada Auto Bild.

Meski mirip, tetap ada satu komponen yang penting diperhatikan. “Untuk motor listriknya sendiri juga tidak memerlukan perawatan khusus, seperti ganti oli ataupun lainnya. Yang perlu diperhatikan untuk mesin hybrid adalah mengganti air pendingin inverter hybrid-nya. Itu juga lama jaraknya setiap 240.000 km,” tambah Iwan.

Setiap teknologi umumnya pernah mengalami masalah, untuk itu Auto Bild pun bertanya apa mobil hybrid Toyota selama ini pernah mengalami masalah. “Kalau soal hybrid sejauh ini no issue (problem) sih, sama seperti mobil hybrid yang lain. Intinya, item yang diganti paling inverter aja sih, selain itu tidak ada,” tutup iwan.

 

Komentar

Berita Terkait

test-drive

Selasa, 28 Juni 2016

Uji Performa Honda CR-Z Terbaru

Honda CR-Z hanya dibekali mesin bakar berkapasitas 1.496 cc dengan tenaga 118 dk. Selain itu CR-Z juga memiliki teknologi baterai Integrated Motor Assist

knowledge

Selasa, 28 Juni 2016

Beda Teknologi Hybrid Honda CR-Z Dan Toyota Camry Hybrid

Bicara soal teknologi hybrid yang dimiliki CR-Z adalah salah satu hal unik yang dimilikinya. Teknologi hybrid-nya dinamai, Integrated Motor Assist (IMA)

bisnis

Senin, 30 Januari 2017

Toyota Avanza Pimpin Penjualan Low MPV di Indonesia

Toyota Avanza memimpin penjualan Low MPV . Titel raja Low MPV rasanya masih tepat disematkan kepada Toyota Avanza dengan total penjualan terbanyak