AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Upgrade Toyota Transmover

Foto : Heri Kuswanto

Ubah Toyota Transmover Jadi Avanza Tipe G



Dilihat sekilas, kita tentu sulit untuk menemukan perbedaan antara Toyota Transmover dengan Avanza. Terlebih tipe terendah Avanza 1.3 E MT dengan warna bodi yang sama.

Kami menyarankan jika bedah wajah ingin dilakukan, upayakan agar tampang Transmover dibuat menyerupai wajah Avanza 1.3 G. Meski masih identik, pada Avanza 1.3 G ini sudah diberi kelengkapan berbeda.

“Beberapa komponen di eksterior Transmover seperti gril, mud guard, sampai spion sebenarnya secara teknis bisa diganti dengan milik Avanza G. Semua dudukan dan bracket-nya juga sama,” ujar Iwan Abdurrahman, Kepala Bengkel Toyota Astra Motor (TAM) Sunter, Jakarta Utara.

Meski semuanya bisa dilakukan, Anda harus bijak saat hendak upgrade komponen eksterior Transmover. Sebaiknya dahulukan penggantian komponen yang memang mengutamakan unsur fungsi. Sebut saja spion elektrik. Komponen ini berguna untuk menyesuaikan pandangan pengemudi dengan kendaraan lain secara lebih praktis. Tanpa perlu mengatur posisi spion secara manual.

Upgrade spion elektrik ini sendiri cukup terjangkau. “Untuk mengganti spion elektrik orisinal Avanza kanan dan kiri satu set termasuk switch harganya itu Rp 1,2 juta,” ujar Jimin, punggawa bengkel Golden Mars, di lantai 5 MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

Upgrade Toyota Transmover
Upgrade Toyota Transmover
Upgrade Toyota Transmover
Cover handle bisa diganti model krom Head unit aftermarket bisa pilih model OEM look Head unit aftermarket bisa pilih model OEM look

Tidak hanya itu, komponen lain yang perlu mendapat ubahan ialah penambahan mud guard. Meski tampak sederhana, pelindung karet di bagian belakang sepatbor ini optimal untuk menahan cipratan lumpur di waktu hujan agar tidak mengarah ke bodi mobil. Satu set mud guard ini dibanderol Rp 175 ribuan.

Transmover juga masih mengusung pelek besi ukuran 185/70 R14 sama dengan milik Avanza tipe E. Untungnya PCD Avanza yang 4x100 ini umum tersedia opsi pelek aftermarket-nya. “Kalau pilihan pelek dengan PCD 4x100 sebenarnya banyak. Tapi karena Transmover peruntukannya taksi disarankan hanya naik 1 inci jadi 15 inci,” ujar Edy, Service Advisor di Metro Tires Rims di jalan Haji Nawi Raya, Jakarta Selatan.

Tidak semata bagian eksterior, perubahan di interior Transmover juga bisa dilakukan. Utamanya pada sektor audio karena memang pada Transmover tidak dilengkapi dengan head unit. Tapi sudah terpasang 2 speaker di bagian depan trim pintu. “Untuk Transmover pilihan head unit bisa menggunakan double DIN lansiran Mtech MM8832. Modelnya OEM look jadi pas dengan dudukan di kolom head unit,” ujar Tahrier Fauzi, instalatur dari Autodio Indonesia di Jl Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan.

Upgrade Toyota Transmover
Upgrade Toyota Transmover
Upgrade Toyota Transmover
Mud guard wajib ditambahkan di bagian belakang sepatbor Transmover Opsi pelek aftermarket Avanza dengan PCD 4x100 banyak pilihannya Side body moulding bisa jadi tambahan pemanis jika diperlukan

Proses pemasangan head unit Mtech di dasbor Transmover juga diklaim mudah. Hanya sekitar 2 jam karena sistem pemasangannya sudah plug and play. Head unit ini juga dilengkapi berbagai fitur mulai dari GPS, TV, DVD, radio, bluetooth, iPod ready, USB, hingga HDMI.

Beberapa bagian lain di kabin juga sudah dilapisi material sederhana sesuai peruntukannya sebagai armada taksi. Contohnya di bagian jok Transmover yang tetap dilapisi kain dan bahan vinyl sehingga mudah dibersihkan.

Serangkaian perubahan ini tampak positif mendongkrak tampilan Transmover hingga terkesan lebih elegan. Tapi jika berpikir untuk mengubahnya secara utuh, tetap ingat jika Transmover hanyalah armada taksi untuk keperluan bisnis semata.

 

 

358/58-61(11-24Jan17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Kamis, 5 Januari 2017

Pilihan Head Unit Untuk Toyota Transmover

Meski sayang beberapa komponen dik kabin absen untuk menekan harga jual. Salah satunya adalah head unit. Karena itu, inilah pilihan head unit untuk Toyota Transmover

first-impresion

Selasa, 3 Januari 2017

Detail Spesifikasi Toyota Transmover di Indonesia

Inilah detail spesifikasi Toyota Transmover di Indonesia. Mungkin agak aneh mendengar nama mobil yang satu ini. Tapi tunggu saja, karena kami yakin Toyota Transmover akan segera meramaikan jalan-jalan di Ibukota