AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Uji Value For Money Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Uji Value For Money Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV

Kami lakukan uji value for money Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia

Kami lakukan uji value for money Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia.

Nissan Teana menjadi mobil dengan harga paling menyenangkan. Dengan Rp 570 juta, Anda memeroleh mobil yang fokus pada kenyamanan, Nissan Teana cocok untuk Anda yang ingin selalu disupiri.

Busa empuk, kabin kedap suara dan ruang  kaki lapang pada baris kedua adalah tempat yang paling pas untuk menikmati mobil ini. Transmisi CVT yang terkenal halus sebagai penerus daya pun menjadi keunggulannya.

Dibanding rival, desain Nissan Teana memang bukan kesukaan banyak orang. Untuk ukuran pemakai yang berjiwa muda ia terlihat kurang menggugah.

Tapi karena dibuat demi kenyamanan penumpang belakang, karakter suspensi yang lembut bisa diandalkan saat melintasi jalan bergelombang.

Masalah performa pun Teana cukup mengagumkan, ia menjadi tercepat kedua setelah Mazda6 dan menjadi yang teririt dalam torehan konsumsi BBM dengan 18,8 km/l di rute tol.

Di antara rival sekelas, Toyota Camry adalah sedan mewah yang banyak diburu pasar. Di generasi ini dengan mempertahankan jati dirinya sebagai sedan yang nyaman, ia juga tampil sporti.

Legroom yang lega hingga baris kedua mampu membuat posisi duduk Anda lebih santai dan tidak cepat jenuh saat berkendara. Meskipun performanya masih di bawah Mazda6 dan Nissan Teana, namun perlu diingat, dengan bandrol Rp 599,7 juta, pastinya Anda akan mendapatkan sebuah mobil dengan layanan aftersales yang memuaskan dan harga jual kembali yang cukup tinggi berkat citranya.

Urusan fitur Camry berjalan seimbang dengan para rivalnya, seperti cruise control, AC dual zone+climate control, sistem navigasi, keyless entry hingga pengaturan jok elektik sudah menjadi kelengkapan standar.

Hanya saja untuk bantingan terasa lebih rigid dibanding generasi terdahulu demi menghasilkan pengendalian yang lebih baik.

Honda Accord menjadi yang termahal dengan Rp 635,5 juta. Dengan harga tersebut Anda akan mendapat tampilan segarnya, plus citra merek dengan layanan aftersales yang baik. Namun, urusan performa ia menjadi yang terbontot.

Accord tak sekadar dibuat driver oriented tapi juga menyuguhkan kenyamanan bagi penumpang baris kedua. Ciri khas Big Sedan yaitu kabin lapang juga didapat dari mobil ini.

Kemudian untuk menambah keasyikan saat berkendara, Honda Accord menawarkan fitur seperti cruise control dan tuas paddle-shift di balik kemudi. Teknologi rasio setir variabel (VGR) juga membuat pengendalian Accord makin lincah.

Mengutamakan model tapi juga memiliki kualitas mesin yang mumpuni. Mazda6 menjadi tawaran yang menjanjikan. Teknologi mesin SKYACTIV-nya mampu menyuguhkan akselerasi menggembirakan tapi juga diiringi dengan konsumsi BBM yang irit.

Bantingan memang terasa kaku, tapi itu berbuah manis untuk pengendalian saat bermanuver. Cocok untuk Anda yang berkarakter sporti baik dari sisi performa ataupun penampilan. Mazda6 juga menawarkan segudang fitur dan menjadi yang terlengkap di antara rivalnya.

Selain fitur auto start/stop, mobil ini juga dilengkapi peranti keselamatan canggih. Dibenamkan fitur Smart City Brake Support, ia sanggup mengerem otomatis sebelum terjadi benturan dengan objek lain.

Dengan harga Rp 630,7 juta Anda akan memeroleh performa memuaskan dari 6, ia menjadi yang tercepat dengan 8,5 detik menuntaskan sprint 0-100 km/jam.

Honda Accord 2.4L VTI-L ES 3 bintang
Mazda6 4 bintang
Toyota Camry 2.5 V A/T 3 bintang
Nissan Teana 3 bintang

 

352/36-43(19Okt-1Nov16)

Komentar