AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Distraksi Suara Klakson

Foto : Arizona Sudiro

Distraksi dan Sanksi dari Suara Klakson Bervolume Keras



Penggunaan klakson standar terkadang dinilai kurang dapat memenuhi keinginan sebagian pengguna mobil. Tak ayal mengganti dengan produk klakson aftermarket menjadi solusi yang ditempuh. Tapi terkadang beberapa produk aftermarket bisa menghasilkan suara terlalu keras sehingga dapat menimbulkan efek buruk bagi pengendara lain.

Manusia normal mampu mendengar suara berfrekuensi 20 – 20.000 Hz dengan tingkat kekerasan di bawah 80 dB. Mendengarkan bunyi di atas 80 dB secara terus menerus bisa merusak pendengaran karena dapat mematikan fungsi sel–sel rambut dalam sistem pendengaran.

Suara bising klakson yang berlebihan dan berlangsung relatif lama mengakibatkan gangguan konsentrasi dan tekanan/stres bagi yang mendengarnya. Hal ini bisa berpotensi kesalahan dalam pengambilan keputusan saat mengemudi.

Klakson bersuara terlalu keras berpengaruh pada tingkat emosi pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Dengan tingginya emosi pengendara, dapat membuat perilaku mengemudinya berubah jadi agresif.


Sanksi Pakai Klakson Terlalu Keras

Klakson terlampau keras termasuk dalam kategori perlengkapan kendaraan tidak standar dan mengganggu keselamatan. Sebagaimana diatur dalam pasal 58 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Yang berbunyi, “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.” Adapun denda terkait jika melanggar akan diganjar kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp 250 ribu.

 

 

359/66-67(25Jan-7Feb17)

Komentar

Berita Terkait

bisnis

Rabu, 21 Desember 2016

Pasang Klakson Telolet di Mobil Pribadi

Fenomena klakson telolet semakin ramai diperbincangkan, hal itu berimbas pada penjualan aksesori klakson yang ternyata tak cuma tersedia untuk bus, tapi juga mobil pribadi. Berikut informasi pasang klakson telolet di mobil pribadi.

umum

Rabu, 21 Desember 2016

Aturan Klakson Telolet Dalam Fenomena Om Telolet Om

Belakangan ini, masyarakat di Indonesia sedang dihebohkan dengan fenomena klakson bus telolet. Lantas bagaimana aturan klason telolet dalam fenomena ini?

umum

Minggu, 25 Mei 2014

Klakson Hella Blue Twin Tone

Klakson terbaru Hella dengan desain sporty dan berukuran kompak dengan suara yang harmonis

knowledge

Kamis, 11 Desember 2014

Tips Pasang Klakson Mobil Aftermarket

Mengganti klakson memang tidak haram, namun perlu anda ketahui peraturan dan cara memaksimalkan kemampuan piranti ini. Berikut tips pasang klakson aftermarket.

knowledge

Minggu, 20 Oktober 2013

Tips Pasang Klakson Aftermarket

Klakson merupakan perangkat komunikasi saat berlalu lintas di jalan raya. kita menggunakan klakson untuk memberi tanda atau memperingatkan pengguna jalan lain via sinyal aura