AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Distraksi Suara Klakson

Foto : Arizona Sudiro

Ini Macam-macam Isyarat Saat Membunyikan Klakson



Penggunaan klakson haruslah disikapi bijaksana. Pasalnya klakson adalah alat bantu yang seharusnya dibunyikan saat kondisi terdesak saja. Ini macam-macam isyarat saat membunyikan klakson

Untuk menyapa : Dibunyikan satu kali dengan durasi yang pendek. Digunakan ketika sedang melintasi jalan sempit (gang) dan berpapasan dengan kerumunan orang untuk maksud menyapa sambil memberi isyarat tangan.

Untuk mengingatkan : Dibunyikan satu kali dengan durasi agak panjang. Biasa digunakan untuk mengingatkan perilaku pengendara lain yang salah, orang yang berjalan tidak di trotoar atau saat menyeberang.

Untuk bertindak : Dibunyikan lebih dari satu kali dengan durasi pendek. Biasanya untuk memberi isyarat saat hendak mendahului atau menyalip kendaraan lain.

Untuk menghardik : Dibunyikan lebih dari 3 kali atau dengan tekanan agak panjang. Hal ini menunjukkan nada amarah. Jika Anda diberi klakson seperti ini sebaiknya berikan jalan mobil itu karena bisa juga ia dalam kondisi darurat, seperti mengantar orang sakit atau lainnya.

 

 

359/66-67(25Jan-7Feb17)

Komentar