AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Risiko Di Perlintasan Kereta Api

Foto : Arizona Sudiro

Tips Ketika Mesin Mati Saat Melintas Rel Kereta Api



Pernahkah Anda mengalami mesin mobil mati ketika melintasi rel kereta yang palang pintu sedang menutup? Ternyata ada penjelasan teknis mengapa mesin bisa mati ketika melintasi rel kereta api.

Pada setiap lokomotif terdapat boogie (roda kereta) dimana ada komponen utamanya berupa dinamo besar. Ketika dinamo lokomotif tersebut aktif, maka akan terbentuk medan magnet yang cukup besar baik kekuatan maupun radiusnya.

Jika lokomotif berseri CC, artinya ada 3 rangkaian boogie atau 6 dinamo besar. Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sampai jarak sejauh 1 km dari posisi lokomotif.

Nah, ketika kendaraan bermotor melintasi rel KA dengan kondisi pelan, maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada bisa mati seketika. Ini akibat medan magnet boogie kereta api yang dihantarkan melalui rel.

Tidak heran bila petugas perlintasan kereta api selalu menutup pintu sebelum kereta api mendekati perlintasan. Biasanya jarak sekitar 3 km sebelum kereta api melintas sudah ditutup.

Bila Anda terjebak dalam situasi tersebut dan mesin mobil mati, lakukan hal-hal berikut :

Segera keluar dari mobil dan menjauh dari lokasi mencari lokasi aman.

Jangan pernah untuk berusaha menghidupkan mesin mobil, karena akan sia-sia. Ini karena semakin dekat kereta maka medan magnet semakin kuat yang mengakibatkan mobil sulit dihidupkan.

 

 

362/68-69(8-21MAr17)

Komentar