AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Optimalkan Mode Berkendara

Foto : Noor Zaenuri

Tips Optimalkan Mode Berkendara Mobil

Tips Optimalkan Mode Berkendara Mobil

Fitur-fitur canggih di mobil saat ini sangat beragam. Mulai dari fitur keselamatan, hiburan dan bantuan mengemudi. Nah, salah satu fitur bantuan mengemudi adalah mode berkendara yang bisa dimanfaatkan oleh pengemudi. Umumnya ada tiga mode yang disematkan oleh pabrikan, yakni Eco, Sport dan Normal.

Paling mendasar perbedaan dari ketiga mode berkendara tersebut adalah respons mesin. Ketika mode Sport, mesin terasa lebih responsif. Sebaliknya, ketika mode Eco terasa lebih lamban dibandingkan mode Normal.

Menurut Pendiri dan Instruktur Senior di Jakarta Defensive Driving Course (JDDC), Jusri Pulubuhu, mode Sport hanya untuk mengakomodasi pengemudi yang ingin memacu adrenalin. Tapi fitur tersebut menurutnya kurang tepat bila dipakai di jalan raya.

“Jalan raya adalah fasilitas publik, ketika seorang pengemudi mengebut dengan kecepatan tinggi menggunakan mode Sport memang terpuaskan adrenalinnya. Tetapi kalau lebih bertanggung jawab akan lebih baik dilakukan di sirkuit,” paparnya.

Seluruh mode berkendara baik itu Sport, Eco atau Normal bila digunakan sesuai prosedur maka akan berguna untuk keselamatan. Seperti halnya mode Eco, selain menghemat bahan bakar, mode tersebut bisa menghindarkan pengemudi dari tabrakan karena tenaga yang lebih sedikit dengan respons mesin lebih lambat.

Sementara mode Sport boleh saja digunakan di jalan raya bila ingin menyusul mobil yang lebih lambat di depan. Tapi ketika sudah melenggang tanpa hambatan akan lebih bijak menggunakan mode Eco atau Normal saja.

Terlepas dari fitur mode berkendara, Jusri menilai ‘man behind steering wheel’ lebih penting. Karena secanggih apapun fitur bila pengemudinya tidak bijak dalam menggunakan fitur maka akan sia-sia.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) senada dengan Jusri. Ia menyarankan ketika di jalan raya mode Eco atau Normal akan lebih berguna. Ditambah mode tersebut lebih hemat bahan bakar.

Optimalkan Mode Berkendara
Optimalkan Mode Berkendara

“Lebih baik menggunakan mode Eco karena bisa memastikan kecepatan kendaraan dapat terkontrol dengan baik,” tukas Marcell.

Selain itu, pergantian mode berkendara lebih baik dipakai saat mobil dalam kondisi statis. Walau mode berkendara bisa diaktifkan sambil mobil melaju.

Tetapi bila memindahkan mode dari Normal atau Eco ke Sport berpotensi bahaya karena mobil secara mendadak menjadi liar. Efeknya bila pengemudi tidak sigap bisa membahayakan lingkungan sekitar juga dirinya sendiri.

Sehingga perlu diperhatikan bahwa hadirnya mode berkendara pada mobil Anda bukan berarti bisa dipakai semaunya. Perhatikan kondisi jalan dan jangan memaksakan ego hanya untuk memuaskan adrenalin semata.

 

 

365/66-67(19Apl-2Mei2017)

Komentar