AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Compact Hatchback

Foto : Dok. Auto Bild

Berburu Compact Hatchback Bekas dan Terbaik di Indonesia



Dari sekian banyak hatchback yang beredar di jalan, jenis compact hatchback yang paling dominan. Dengan bodi kompak, tampilan menarik, kemampuan meliuk di tengah keramaian kota dan efisiensi menjadi keutamaan untuk memilih compact hatchback. Manakah dari ketiga compact hatchback ini yang lebih layak untuk Anda pinang?


Toyota Yaris TRD Sportivo A/T

Harga: Rp 205 juta
Tahun: 2015
Mesin: 1.496 cc 4 silinder VVT-i, 109 dk

+: Desain, akomodasi, head unit Android, jaringan after sales
-: Transmisi otomatis konvensional, performa

Konsumsi BBM dalam kota/tol: 12,0/17,0 km/l
Kapasitas Tangki : 42 liter

Toyota Yaris tampil mencolok berkat aplikasi ornamen TRD Sportivo. Tampilannya yang agresif, begitu mudah untuk menyita perhatian pengguna jalan lain.

Wujud Yaris generasi kedua ini juga telihat lebih pipih dengan desain atap yang seolah melayang. Namun pada bagian interior, ia bukanlah yang paling menarik. Pasalnya desain dan penggunaan material yang lebih sederhana membuatnya tak semenarik dibanding kabin Honda Jazz. Beruntung Yaris memiliki kapasitas ruang bagasi yang tergolong lega.

Mobil ini juga masih setia menggunakan mesin 1NZ-FE bertenaga 109 dk. Paling kecil dibanding keluaran tenaga kedua rivalnya. Beberapa kekurangan di atas, coba ditebus Yaris dengan menghadirkan fitur berlimpah.

Untuk head unit, Yaris TRD Sportivo A/T memiliki fitur air gesture yang mampu dioperasikan hanya dengan menggerakkan tangan di depan layar. Head unit berbasis Android itu juga sudah dilengkapi sistem navigasi.


Honda Jazz RS A/T

Compact Hatchback

Harga: Rp 230 juta
Tahun: 2015
Mesin: 1.497 cc 4 silinder i-VTEC, 120 dk

+: Performa akselerasi, pengendalian, transmisi CVT
-: Fitur, desain, rem belakang teromol

Konsumsi BBM dalam kota/tol: 12,8/17,2 km/l
Kapasitas Tangki : 40 liter

Hal paling utama yang ditunjukkan Honda Jazz RS tentu saja dari segi performa akselerasi. Lihat saja kemampuannya untuk menuntaskan 0-100 km/jam dalam 10,1 detik.

Mesin 1.497 cc 4 silinder i-VTEC pun terhubung ke transmisi otomatis CVT. Dari beberapa pengetesan yang kami lakukan, penggunaan transmisi CVT membuat penyaluran tenaga ke roda depan bisa berlangsung halus dan responsif.

Selain tawaran performa, Jazz RS juga menyuguhkan kenyamanan. Kabinnya paling lapang di trio compact hatchback ini. Ditambah skema jok baris kedua yang diberi nama Ultra Seat. Teruji bisa memberikan lebih banyak pilihan konfigurasi bangku untuk membawa barang.

Bagi pengendara, posisi mengemudi di Jazz juga cukup baik dengan pengaturan setir yang luas dan jok ergonomis. Sementara di sektor handling, Jazz juga bersinar. Beberapa tawaran itu membuatnya fun to drive.


Mazda2 Skyactive R A/T

Compact Hatchback

Harga: Rp 220 juta
Tahun: 2015
Mesin: 1.496 cc 4 silinder, 115 dk

+: Fitur, kabin driver oriented, fun to drive
-: Akomodasi, jaringan after sales, kenyamanan

Konsumsi BBM dalam kota/tol: 10,22/16,9 km/l
Kapasitas Tangki : 42 liter

Pendekatan yang diberikan Mazda2 terasa lebih personal dengan pengendara. Berada di balik kemudi Mazda2, Anda akan dibuat menyatu dengan mobil ini dalam waktu singkat.

Posisi mengemudinya terbaik, begitu pula dengan rasa di setir, akselerasi atau pengeremannya. Semua terasa natural dan terprediksi. Torsi putaran bawah sangat menyenangkan, begitu pula dengan perpindahan gigi yang sigap dan cerdas.

Fitur yang tersedia di mobil berlimpah. Kehadiran mode sport dan HUD semakin membuat Anda merasa mengendarai mobil sport Eropa. Lainnya ada auto wiper, auto lamp, kontrol traksi, auto start/stop, voice command, Smart City Brake Support. Satu lagi ialah i-ACTIVSENSE yang bisa memberikan informasi mengenai keadaan kendaraan lain di sekitar mobil.

Mazda2 juga dilengkapi MZD Connect. Melalui sebuah tombol, Anda bisa mengendalikan segala fitur Mazda2 lewat monitor.


Our Opinion

Toyota Yaris TRD Sportivo adalah pilihan terbaik ditilik dari perbandingan harga dan nilai yang ditawarkan. Mobil ini punya desain sporti, fitur bersaing dan akomodasi yang memadai. Sementara hal utama yang mengganjal Mazda2 adalah jaringan aftersalesnya. Padahal mobil ini punya sederet fitur bernilai. Sementara bagi Anda pecinta kecepatan bisa memilih Honda Jazz yang didukung performa mesin yang lebih unggul dari kompetitor lain.

 

359/83(25Jan-7Feb17)

Komentar

Berita Terkait

knowledge

Sabtu, 1 November 2014

Toyota Yaris vs Honda Jazz: Kesimpulan & Data Tes

Data tes lengkap pertarungan Toyota Yaris TRD Sportivo vs Honda Jazz RS - 4. Siapakah yang menjadi pemenangnya?

road-test

Sabtu, 1 November 2014

Toyota Yaris vs Honda Jazz: Performa, Desain & Fitur

Pertarungan performa, desain, dan fitur antara Toyota Yaris TRD Sportivo dan Honda Jazz RS

road-test

Sabtu, 1 November 2014

Toyota Yaris vs Honda Jazz: Kenyamanan, Fun to Drive & Value for Money

Pertarungan Kenyaman - Fun to Drive - Value for Money Antara Toyota Yaris TRD Sportivo vs Honda Jazz RS

knowledge

Rabu, 9 November 2016

Perbandingan Spesifikasi Mesin Toyota Yaris Heykers VS Honda Jazz RS di Indonesia

Salah satu rival kuatnya adalah Honda Jazz RS. Inilah perbandingan spesifikasi mesin Toyota Yaris Heykers VS Honda Jazz RS di Indonesia

first-impresion

Senin, 5 Oktober 2015

Adu Fitur Honda Jazz RS Dengan VW Polo 1.2 TSI

Honda Jazz RS AT dihargai Rp 255 juta, sedangkan Polo 1.2 TSI dijual seharga Rp 259 juta. Mari kita adu fitur Honda Jazz RS dengan VW Polo 1.2 TSI ini