AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Hati-hati Nomor Mesin Beda Dengan STNK!

Hati-hati Nomor Mesin Beda Dengan STNK!

Hati-hati nomor mesin beda dengan STNK! Saat ini banyak pedagang mobil bekas yang tidak memikirkan bagaimana hak konsumen seharusnya. Kira-kira itulah yang terjadi pada Reza Agusta warga Bintaro, Banten

Hati-hati nomor mesin beda dengan STNK! Saat ini banyak pedagang mobil bekas yang tidak memikirkan bagaimana hak konsumen seharusnya. Kira-kira itulah yang terjadi pada Reza Agusta warga Bintaro, Banten. Tergiur dengan kondisi mobil yang terlihat sehat dan rapi ia justru tertipu mentah-mentah.

Ternyata mobil yang ia beli lebih dari dua tahun silam tersebut  memiliki nomor mesin yang tidak sesuai dengan yang tercetak di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). HaI itu diketahui ketika ia berniat balik nama kendaraan di kantor Samsat. Setelah mengecek, petugas menyebut nomor mesinnya tidak klop.

”Saya juga baru tahu nomor mesinnya ternyata berbeda dengan STNK setelah dilaporkan ke polisi. Padahal, STNK mobil ini asli. Saya bisa jamin itu,” ungkap Reza.

Ganti Mesin

Usut punya usut, Rupanya mesin mobil itu pernah rusak dan diganti dengan mesin lain oleh si pedagang tanpa seizin polisi sebelum dijual ke Reza. Reza pun dapat bernapas lega.

Motif jual mobil bodong biasanya sebab mobil yang didagangkan tak memiliki dokumen. Bahkan, tak jarang disiasati dengan membuat dokumen kelengkapan kendaraan yang palsu.

”Beli mobil kepada siapa pun, sekalipun itu teman, pembeli harus selalu waspada. Cek benar-benar nomor rangka dan nomor mesinnya. Kalau perlu, ajak orang bengkel,” imbau Kasatreskrim Polrestabes Tanggerang, AKBP Sumaryono.

Komentar