AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Inilah Pilihan Mobil Bekas Dengan Atap Terbuka

Foto : Dok. Auto Bild

Inilah Pilihan Mobil Bekas Dengan Atap Terbuka

Siapapun ingin mencoba mengendarainya. Tampilan eksotis, citra mewah, dan sensasi berkendara istimewa membuat dirinya menjadi mobil idaman orang banyak

Jika Anda memiliki rasa percaya diri tinggi memilih mobil kelas Cabrio bisa jadi pilihan tepat. Di saat cuaca sangat bersahabat dibarengi kondisi jalan minim polusi, menjalankannya dengan atap terlipat tentu sangat menyenangkan dan terlihat eksotis.

Anda bisa merasakan terpaan angin secara langsung dan visibilitas sekitar yang lebih luas. Namun Di lain sisi tentunya Anda menjadi sumber perhatian pengendara sekitar.

Ketika atapnya terlipat, mobil yang terlahir sebagai ras cabriolet akan semakin sedap dipandang karena memiliki perawakan yang berbeda dari kebanyakan mobil.

Bukan sebatas tampilan saja, kebanyakan dari mereka juga dianugerahi performa mumpuni. Baik mesin bertenaga besar ataupun pengendalian yang lincah. Sehingga gairah dalam berkendara pun semakin menyenangkan.

Untuk pasar Indonesia, mobil ini tergolong sedikit populasinya mengingat harga jualnya yang mahal saat baru. Tapi bila Anda berkukuh ingin menjemput mobil impian, Anda bisa mencarinya di bursa mobil bekas dengan harga yang jadi lebih terjangkau. Berikut beberapa mobil atap terbuka rekomendasi kami.

Mazda MX-5BMW Z4
Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.999 cc 4 silinder, 160 dk
Harga: Rp 455-470 juta

+: Fun to drive, model eksotis, posisi mengemudi
-: Fitur, tenaga, tampilan dasbor

Dari kubu Mazda, MX-5 tak kalah memesona. Dengan model bonnet memanjang ia terlihat seperti roadster. Tapi jika Anda memang begitu antusias pada mobil ini, kami menyarankan untuk meminang keluaran 2013 dimana Mazda melakukan facelift dengan tampilan yang lebih segar.

Jika dibandingkan beberapa rival, absennya bangku baris kedua memang mengurangi nilai kepraktisan, begitu juga pada ruang bagasi yang terbatas. itu rasanya bukan masalah besar karena sejatinya mobil jenis coupe paling pas ditumpangi 2 orang.

Keistimewaan mobil ini terletak pada posisi berkendara yang rendah nyaris berselonjor. Apalagi ditambah pengendaliannya akurat yang membuat ia terasa sangat fun to drive.
Tahun: 2009
Mesin: 2.979 cc 6 silinder turbo, 306 dk
Harga: Rp 750 jutaan

+: Desain sporti, pengendalian, tenaga besar
-: Bantingan suspensi rigid, perawatan mahal

Walau BMW sudah merilis beberapa mobil sports, tetap saja BMW Z4 memiliki kharisma berbeda. Desainnya amat spoti nan eksotis. Sebagai merek mobil premium tentu akan menjadi sorotan orang-orang ketika Anda mengendarainya di jalanan perkotaan.

Tidak hanya harga jualnya yang terbilang masih tinggi, biaya perawatannya juga termasuk mahal. Namun di balik itu, BMW Z4 memiliki pengendalian yang presisi dan performa mesin hebat. Dengan tenaga mencapai 306 dk, saat baru ia bisa sprint 0-100 dalam waktu 5,1 detik.

Berbeda dengan beberapa kontestan lain kali ini yang menggunakan atap soft top, BMW justru membangun Z4 dengan atap metal. Sehingga ia lebih nyaman dikendarai karena lebih kedap.

 

MINI Cooper CabrioMercedes-Benz SLK 200
Tahun: 2012
Mesin: 1.698 cc turbo 4 silinder, 184 dk
Harga: Rp 565 jutaan

+: Pengendalian akurat, fitur, desain unik
-: Kekedapan kabin, bantingan suspensi, legroom

Untuk sebagian orang, MINI adalah mobil impian. Salah satu daya tarik terbesarnya adalah desain yang atraktif dari luar, tapi terlihat unik ketika memasuki kabin.

Sayangnya kekedapan kabin MINI Cabrio kurang begitu baik mengingat atapnya menggunakan material kanvas. Sehingga saat berkendara, itu cukup mengganggu kenyamanan apalagi untuk mendengarkan alunan musik dari speaker Harman/kardon-nya yang terkenal jernih.

Namun jika menurut Anda itu bukan masalah, faktanya MINI memilki performa menjanjikan. Selain masuk kategori mobil kencang, ia juga memiliki pengendalian yang tajam layaknya go-kart. Itu masih didukung dengan posisi duduk ergonomis. Soal fitur, MINI Connected menjadi fitur andalan dan cruise control sudah menjadi kelengkapan standar.
Tahun: 2009
Mesin: 1.795 cc 4 silinder, 163 dk
Harga: Rp 650 jutaan

+: Posisi duduk ergonomis, pengendalian lincah, bodi kompak
-: Akselerasi, tenaga

Di kelas mobil premium, Mercedes-Benz SLK bisa dikatakan rival terdekat BMW Z4 karena memiliki tampang yang tak kalah atraktif. Di dalam kabin, posisi duduk rendah dan bisa diatur secara elektrik tentu menambah rasa nyaman saat mengendarainya.

Sayangnya untuk ukuran kelas mobil sport, tenaga sebesar 163 dk memang dirasa tidak terlalu gahar. Tapi nilai positifnya karakter mesinnya terasa halus. Selain itu SLK pun memiliki kemudi stir yang presisi dan tajam. Sehingga ia tetap terasa menyenangkan ketika diajak bermanuver dan terasa lincah.

Kemudian soal fitur, ia sudah dilengkapi mode berkendara dengan pilihan Comfort, Sport dan Manual.

 

Volkswagen Beetle
lahun: 2013
Mesin: 1.390 cc 4 silinder, 160 dk
Harga: Rp 625 jutaan

+: Ikonik, eksklusif, pengendalian, transmisi
-: Ruang kabin terbatas, populasi

Sama halnya dengan MINI Cooper, Beetle pun tak kalah ikonik mengingat namanya di Indonesia yang sudah melegenda dan akrab dengan sapaan VW ‘Kodok’.

Seperti keluarga VW yang lain, mobil dengan gaya retro ini juga memiliki pengendalian yang baik. Sehingga tidak hanya menarik dipandang, tapi juga asyik untuk diajak bermanuver.

Selain itu kualitas mesinnya juga halus. Sehingga nyaman untuk dipakai jalan pelan tapi juga mampu memberikan akselerasi yang sigap saat pedal gas diinjak lebih dalam.

Wajar karena ia dilengkapi turbo dan transmsi DSG atau dual-clutch yang mampu melakukan perpindahan gigi secara singkat. Hanya saja, meski dibekali bangku baris kedua, legroom-nya terbatas untuk ukuran orang dewasa.

354/90-91(16-29Nov16)

Tags

Komentar