AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Toyota Vios G AT

Foto : Dok. Auto Bild

Memilih Small Sedan Yang Sesuai Kebutuhan



Sampai saat ini segmen Small Sedan tetap jadi incaran calon pembeli mobil bekas. Mobil di segmen ini fleksibel untuk menopang berbagai aktivitas berkendara Anda. Bahkan dimensinya yang kompak membuat pengendalian sedan kecil selalu menyenangkan saat dikendarai. Siapa dari ketiga sedan ini yang memiliki tawaran terbaik?


Toyota Vios G AT

Toyota Vios

Harga : Rp 180 juta
Tahun : 2013
Mesin : 1.497 cc 4 silinder VVT-i, 109 dk

+: Bantingan suspensi empuk, jaringan after sales, head unit android, bagasi lega
-: Headroom belakang, material kabin, pengaturan setir terbatas

Konsumsi BBM dalam kota/tol: 11,8/18,8 km/l
Kapasitas Tangki : 45 liter


Toyota Vios merupakan salah satu pemain paling dominan di segmen Small Sedan. Kombinasi desain yang menawan dengan fitur-fitur atraktif membuat sedan ini ramai jadi incaran. Sebut saja tersematnya head unit Android.

Tidak hanya itu, mobil ini didukung mesin andal berkode 1NZ-FE. Mesin berkapasitas 1.497 cc 4 silinder dengan 16 katup ini sudah mengadopsi teknologi VVTi untuk efisiensi BBM.

Walau tidak secepat Honda City dalam berakselerasi. Mesin Vios juga teruji minim perawatan. Enaknya jika harus servis sekalipun, Anda akan dengan mudah mendapati layanan bengkel Toyota yang sudah menjamur. Satu hal positif lain ialah bantingan suspensi Vios yang terbukti lebih empuk dibanding rivalnya.


Honda City E AT

Honda City

Harga : Rp 210 juta
Tahun : 2013
Mesin : 1.497 cc 4 silinder i-VTEC, 120 dk

+: Performa, akselerasi, konsumsi BBM, kenyamanan kabin, fun to drive, mode eco
-: Harga, tanpa bantuan parkir

Konsumsi BBM dalam kota/tol: 13,2/19,5 km/l
Kapasitas Tangki : 40 liter


Apa yang Anda butuhkan pada sebuah sedan kecil sebetulnya sudah ditawarkan oleh Honda City. Tidak saja tampang luar yang sporti, pengendalian mobil ini juga terbukti paling tajam di kelasnya.

Walau bantingan suspensinya cukup keras, hal ini masih dapat ditoleransi dengan kabin yang nyaman. Performa gesit City tak lain berkat dukungan mesin 1.497 cc 4 silinder i-VTEC. Keluaran tenaga 120 dk sejajar dengan semburan tenaga Ford Fiesta sedan.

Hebatnya lagi, mesin ini tidak saja gesit saat diajak berakselerasi. Tapi juga piawai dalam mengolah konsumsi BBM berkat tersedianya mode Eco.

Tidak heran jika harga mobil bekas City hingga saat ini tergolong lebih stabil dan tinggi. Tapi jika Anda rela merogoh kocek lebih dalam, maka tawaran apik tadi yang Anda dapatkan.


Ford Fiesta Sedan Sport AT

Ford Fiesta Sedan

Harga : Rp 130 juta
Tahun : 2013
Mesin : 1.596 cc 4 silinder, 120 dk

+: Harga, model tidak pasaran, fitur
-: Bantingan suspensi, pilihan model, performa, jaringan after sales


Ford Fiesta Sedan Sport adalah opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan. Wajahnya serupa dengan Ford Fiesta Hatchback tapi diberi bagasi tambahan.

Mobil ini sejatinya menawarkan rasa yang prima. Jok kulit memastikan kenyamanan begitu juga banyak fitur penunjang yang fungsional. Sebut saja voice command, Hill Launch Assist, dual airbags dan koneksi Bluetooth.

Pengendalian menjadi poin unggulan lainnya. Setting ulang suspensi membuat pengendalian Fiesta sedan terasa akurat dan cekatan. Memang aplikasi Electronic Power Steering (EPS) membuat setir terasa ringan. Tapi tidak sampai mengurangi feedback di setir.

Meski dibanderol paling terjangkau, Anda perlu memastikan kembali urusan after sales akibat hengkangnya prinsipal Ford di Indonesia.


Our Opinion

Toyota Vios adalah pilihan terbaik jika ditilik dari perbandingan harga dan nilai yang ditawarkannya. Mobil ini punya mesin tangguh, nyaman dikendarai dan Anda bisa merasa tenang dengan banyaknya jaringan bengkel resmi. Sedangkan Honda City perlu ditebus dengan harga relatif lebih mahal walau kompensasi yang diberikan mencakup performa, fitur dan efisiensi BBM yang lebih baik dibanding para rival. Kemudian bagi Anda yang ingin tampil beda ada Ford Fiesta Sedan. Yang meski dilabeli harga terjangkau tapi jaringan after sales lebih terbatas.

 

 

357/82-83(28Des16-10Jan17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Rabu, 23 Desember 2015

Honda City Buktikan Ketangguhannya di Kelas Small Sedan

Sedan kecil keluaran Honda ini mempunyai daya tarik yang tinggi di mata konsumen. Pada tahun ini pun, Honda City masih buktikan ketangguhannya di kelas Small Sedan dengan mempertahankan gelar juara

umum

Sabtu, 27 Desember 2014

Ini Small Sedan Terbaik di Indonesia

Ini salah satu kelas panas di dunia otomotif Indonesia. Pasalnya, di segmen Small Sedan ini ada dua rival berat, yaitu Toyota Vios dan Honda City. Dua mobil ini selalu bersaing keras memperebutkan status “The Best Small Sedan” di Auto Bild Award.

knowledge

Sabtu, 22 November 2014

Small Sedan Bekas Terbaik di Indonesia

Segmen Small Sedan selalu menawarkan pertarungan sengit. Masing-masing mobil ini menyediakan tawaran memikat bagi para eksekutif muda yang penuh semangat meniti karier

umum

Sabtu, 7 Januari 2017

Honda City Sebagai The Best Small Sedan Auto Bild V-KOOL Award 2016

Tampilan memukau serta performa tangguh memang selalu diutamakan Honda bagi tulang punggungnya di kelas Small Sedan ini. Tak heran bila Honda City tampil sebagai The Best Small Sedan Auto Bild V-KOOL Award 2016

umum

Rabu, 14 November 2012

THE BEST SMALL SEDAN - Ford Fiesta Sedan

Ford Fiesta sedan hadir merebut tahta “The Best Small Sedan” tahun ini