AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pilihan Importir Umum

Foto : Dok. Auto Bild

Mobil-mobil Pilihan Para Importir Umum



Seperti yang kerap dibicarakan bahwa pasar otomotif Indonesia terbilang unik. Penjualan mobil memang masih didominasi dari Agen pemegang merek (APM).

Namun, karena melihat adanya keinginan dan bahkan kebutuhan konsumen akan mobil Completely Built Up (CBU) yang tidak disediakan oleh APM, Importir Umum (IU) pun turut mengambil peran untuk memenuhinya.

Selain model-modelnya cenderung eksklusif dan tidak pasaran, keluaran IU juga umumnya memiliki kelebihan di soal fitur. Biasanya lebih lengkap dengan fasilitas dan trim yang lebih mewah. Tak heran jika modelmodel keluaran IU kerap dihargai lebih mahal dari terbitan APM.

Tapi mengingat mereka sudah ada di pasar mobil bekas tentu Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau. Sehingga jika Anda ingin tampil beda dan eksklusif, memilih mobil bekas lansuran IU bisa menjadi pilihan menarik. Berikut daftar rekomendasi kami.


Toyota Harrier 2.0 Premium

Pilihan Importir Umum

Tahun: 2014
Mesin: 1.986 cc 4 silinder, 151 dk
Harga: Rp 720 jutaan

+: Kabin lapang, desain, transmsisi halus
-: Pengaturan perangkat hiburan, torsi

SUV Toyota yang didatangkan langsung dari Jepang ini disukai berkat desainnya yang menawan sekaligus modern. Tren positif itu pun berlanjut di dalam kabin. Aura mewah begitu terasa berkat material yang membangun kabin. Termasuk kulit yang membungkus jok, doortrim, dan dasbor.

Hanya saja perangkat hiburannya masih menggunakan huruf Kanji yang membuat pengoperasian menyulitkan. Namun, jika itu bukan masalah Harrier menebusnya dengan kabin lapang. Apalagi tersedianya atap panoramik membuat suasana interior kian mewah dan lega.

Jika dibanding Toyota Fortuner torsi Harrier memang masih di bawahnya. Tapi karena ia menggunakan transmisi CVT, ia menjanjikan penyaluran tenaga yang halus dan nyaman.


Toyota Land Cruiser Wald

Pilihan Importir Umum

Tahun: 2010
Mesin: 4.608 cc V8, 318 dk
Harga: Rp 795 jutaan

+: Kemampuan off road, tenaga besar, fitur
-: Desain bukan kesukaan banyak orang, unit langka

Walaupun sebagai versi modifikasi hasil modifikator ternama Wald, Toyota Land Cruiser (TLC) tetap tangguh melibas medan off-road. Salah satunya berkat kehadiran fitur Crawl Control. Termasuk juga mode berkendara Normal, Comfort, dan Sport yang sudah tersedia.

Di pasar mobil bekas ia adalah unit yang jarang ada mengingat kondisinya sebagai edisi khusus. Cocok untuk Anda yang ingin tampil beda.

Mesin V8 Dual VVT-i mampu merilis tenaga besar. Sehingga tetap asyik untuk diajak berakselerasi. kemudian yang menarik ketinggian suspensinya bisa diatur sesuai kebutuhan. Jadi bisa lebih stabil di jalan aspal dan tangguh di medan off-road.


Toyota Alphard 2.4 G

Pilihan Importir Umum

Tahun: 2006-2007
Mesin: 2.362 cc 4 silinder VVT-i, 170 dk
Harga: Rp 235–260 juta

+: Kenyamanan, citra Toyota, bantingan suspensi empuk
-: Limbung, sudah berganti model

Salah satu MPV premium yang paling dicari oleh konsumen. Meski sudah berganti model, Alphard tetap menggoda. Daya tarik terbesarnya justru pada kabinnya.

Jok Ottoman di sisi pengemudi dan baris kedua menyuguhkan kenyamanan individual. Sehingga saat melakukan perjalanan jauh dengan waktu yang panjang Anda akan tetap merasa betah di kursi tersebut.

Sejatinya Alphard paling pas disupiri, tapi bila supir Anda cuti ia tetap nyaman dikendarai. Selain visibilitasnya luas, jok pengemudinya juga ergonomis. Hanya saja gejala limbung cukup terasa saat bemanuver. Di sisi lain citra Toyota yang kuat dan jaringan servis yang luas memberikan kemudahan dalam hal perawatan.


Honda Elysion

Pilihan Importir Umum

Tahun: 2005
Mesin: 2.354 cc 4 silinder, 160 dk
Harga: Rp 160 jutaan

+: Akses ke kabin praktis, model interior, desain Eropa
-: Bantingan suspensi, populasi susah

Meski desainnya belum tentu disukai oleh semua orang, tapi setidaknya Honda Elysion terlihat futuristik dan seperti mobil Eropa. Akses ke dalam kabin mudah dan praktis karena sudah menggunakan pintu geser.

Sama halnya seperti Honda Stream generasi kedua yang didatangkan oleh IU, Elysion hadir dengan jumlah yang terbatas, jadi gengsi sebagai mobil CBU-nya lebih terasa.

Hanya saja bantingan MPV ini tergolong kaku saat meredam goncangan. Tapi jika itu bukan masalah, di dalam kabin nuansa mewah begitu terasa dengan layout dasbor yang terata rapi dan model panel instrument tiga dimensi.


Volkswagen Beetle Cabriolet

Pilihan Importir Umum

Tahun: 2013
Mesin: 1.390 cc 4 silinder, 160 dk
Harga: Rp 625 jutaan

+: Convertible, ikonik, kualitas mesin halus
-: Legroom baris kedua, populasi

Sebagai salah satu mobil ikonik, nama Volkswagen Beetle di Indonesia sudah melegenda. Ia akrab dengan sapaan VW ‘Kodok’. Di era sekarang Beetle menjelma menjadi mobil modern dan bergaya convertible. Cocok bagi Anda yang mempunyai rasa percaya diri tinggi.

Mobil bergaya retro ini memiliki kualitas mesin yang halus. Sehingga nyaman untuk dipakai jalan pelan tapi juga mampu memberikan akselerasi yang sigap saat pedal gas diinjak lebih dalam.

Wajar karena ia dilengkapi turbo dan transmsi DSG atau dual-clutch yang mampu melakukan perpindahan gigi secara singkat. Hanya saja, meski dibekali bangku baris kedua, legroom-nya terbatas untuk ukuran orang dewasa.


Honda Odyssey

Pilihan Importir Umum

Tahun: 2004
Mesin: 2.354 cc 4 silinder, 160 dk
Harga: Rp 140 jutaan

+: Bodi unik, pengendalian, akomodasi lega
-: Ground clearance rendah, akses pintu belakang, citra kurang mewah

Tidak seperti kebanyakan MPV lain yang berbadan bongsor ataupun boxy, Honda Odyssey generasi ini tampil beda. Bentuknya yang mirip Station Wagon dengan ground clearance lebih rendah justru memberikan pengendalian yang mumpuni.

Belum menggunakan pintu geser memang disayangkan, sehingga akses penumpang menjadi kurang praktis dan terlihat kurang mewah. Tapi meskipun seperti itu, mobil ini tetap nyaman ditumpangi dengan ruang kaki yang lega hingga baris kedua.

Kemudian kualitas kaki-kaki Odyssey versi CBU ini pun mampu meredam goncangan dengan baik. Jika volume bagasi masih dirasa kurang untuk menampung barang bawaan, bangku paling belakang bisa Anda lipat untuk memberikan ruang tambahan.


Audi TT S 2.0 TFSI

Pilihan Importir Umum

Tahun: 2015
Mesin: 1.984 cc 4 silinder turbo, 306 dk
Harga: Rp 1 miliaran

+: Desain sporti, posisi duduk ergonomis, tenaga
-: Bangku baris belakang sempit, isu kualitas interior

Jika Anda fanatik Audi khususnya mobil sport, coupe ini bisa jadi pilihan menarik. Selain memiliki garis bodi yang sporti, posisi duduk Audi TT ini juga ergonomis berkat jok semi bucket.

Sayang Audi kerap didera isu kualitas interior yang dianggap kurang tahan terhadap ganasnya suhu terik di Indonesia. Meski begitu, kabinnya tetap mewah dengan balutan material kulit berkualitas. Selain itu fitur Virtual Cockpit yang berada di panel instrumen menjanjikan banyak informasi yang dibutuhkan selama berkendara.

Mengingat memiliki daya gedor hingga 300 dk tentu akan mengasyikkan ketika dipacu di jalan bebas hambatan. Terlebih ia dibekali penggerak empat roda yang membuatnya stabil saat bermanuver.

 

 

358/90-91(11-24Jan17)

Komentar

Berita Terkait

knowledge

Jumat, 18 Maret 2016

Land Rover Indonesia Hadirkan Paket Service dan Warranty Bagi Pembeli Dari Importir Umum

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), dealer resmi Land Rover Indonesia memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pengguna Land Rover. WAE hadirkan paket layanan tanpa pengecualian yang terdiri dari paket service and warranty bagi pembeli dari importir umum

knowledge

Senin, 22 Februari 2016

Land Rover Indonesia Terima Layanan Servis Mobil Land Rover Dari Importir Umum

PT Grandauto Dinamika (GAD), Agen Pemegang Merk Land Rover di Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pengguna Land Rover, kini Land Rover Indonesia terima layanan servis mobil Land Rover dari importir umum

knowledge

Senin, 1 Februari 2016

Land Rover Indonesia Buka Layanan Servis Mobil Land Rover Dari Importir Umum

Land Rover Indonesia buka layanan servis bagi mobil Land Rover dari Importir Umum. PT Grandauto Dinamika (GAD) memberikan dukungan penuh kepada PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pengguna Land Rover

knowledge

Senin, 29 Desember 2014

Cara Beli Mobil Bekas Importir Umum

Opsi melimpah dan model yang menarik menjadi daya tarik tersendiri pada mobil bekas dari importir umum. Ditambah harga yang sudah cukup terdepresiasi dapat menjadikannya pilihan.