AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Lexus GS 350

Foto : Dok. Auto Bild

Pertimbangan Saat Meminang Lexus GS 350



Penampilan Lexus GS 350 ini membawa perubahan besar dibandingkan generasi sebelumnya. Sedan mewah dari pabrikan Jepang ini sudah menggunakan desain baru Spindle Grill sehingga membuatnya tampak makin mewah di eksterior. Pertimbangan saat meminang Lexus GS 350.

Desain gril yang lebar tersebut menyimpan banyak inovasi tersembunyi. Selain menawarkan penampilan yang elegan dan aura sporti ia juga menghadirkan banyak udara segar yang masuk dalam kisi-kisi sehingga suhu mesin dan rem depan lebih terjaga.

Hadirnya lampu LED daytime running light (DRL) semakin mempertegas penampilannya. Namun, secara keseluruhan para insinyur Lexus tampaknya memberi perhatian cukup detail pada aerodinamika mobil. Terlihat dari sisi lampu belakang yang menyediakan dua sirip untuk membelah angin dan diffuser.

Bila tampak luar terlihat ada unsur sporti, tetapi di dalamnya Anda bisa merasakan kemewahan khususnya pada bagian belakang. Kualitas audio dari Mark Levinson begitu menakjubkan dan siap memanjakan kuping Anda selama perjalanan.

Bila pendahulunya mempunyai total 14 speaker, pada Lexus GS 350 generasi keempat ini ditambahkan 3 speaker sehingga total menjadi 17 speaker yang tersebar di seluruh kabin. Detail suara yang dihasilkan pun semakin jernih.

Kemewahan interior Lexus GS 350 juga bisa dirasakan dari hadirnya kontrol AC, audio dan pengaturan bangku via hand rest di bangku belakang. Tidak hanya itu, kelegaan kabin semakin luas dengan penambahan ruang kepala dan kaki belakang hingga 20 mm.

Tidak perlu khawatir bila Anda membawa banyak barang saat pulang dari keperluan bisnis karena kapasitas bagasi bisa ditingkatkan saat memajukan sandaran bangku belakang hingga 180 mm.

Sementara urusan performa Lexus GS 350 memakai mesin V6 berkapasitas 3.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 306 dk dan torsi sebesar 277 Nm. Tenaga tersebut dikirim ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6-speed.

Dengan segala kemewahan yang dimilikinya, tentu Anda harus memperhatikan kondisi semua komponen agar mendapat kesempurnaan. Ada beberapa hal yang harus Anda cek dan perhatikan sebelum membeli mobil bekas Lexus GS 350.

Lexus GS 350
Lexus GS 350

History

1991: Generasi pertama dari Lexus GS diluncurkan secara global. Desain eksterior yang mirip dengan Lexus LS sebagai flagship mewahnya saat itu dikombinasi performa Lexus SC sebagai aura sporti.

1997: Lexus melakukan perubahan besar setelah 6 tahun sejak generasi awal lahirnya GS. Masih mengedepankan kemewahan, tampilannya sekilas mirip dengan Mercedes E-Class yang dikenal lampu kacang atau dua lampu bulat.

2005: Pada generasi ketiga inilah Lexus GS mulai mencicipi pasar otomotif Indonesia. Meski di dunia ada banyak pilihan mesin, namun Lexus Indonesia hanya membawa mesin berkode 3GR-FSE berkapasitas 3.000 cc V6.

2012: Perubahan besar setiap generasi berlanjut pada Lexus GS generasi keempat ini. Mengusung konsep Spindle Grille yang membuatnya tampil lebih sporti. Bahkan kemewahan ditingkatkan pada kabin khususnya penumpang belakang.


Checklist

Mesin
Menggunakan mesin canggih V6 berkapasitas 3.500 cc membuat Anda harus rajin melakukan perawatan terutama servis periodik di bengkel resmi. Cek riwayat via buku servos dan pastikan tidak ada rembesan oli di sekitar mesin sebagai salah satu indikasi bahwa kondisi mesin masih baik.

Fitur
Beberapa fitur mewah sudah tersaji di kabin Lexus GS 350 ini. Periksa seluruh fitur baik di dasbor maupun hand rest bagian belakang. Pastikan semua fitur bekerja dengan normal dan tidak ada kendala karena akan membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Aki
Usia pakai aki mobil saat ini biasanya 2 sampai 3 tahun. Bila Lexus GS 350 incaran Anda produksi tahun 2012, maka tahun ini rawan untuk daya aki mulai melemah. Selain memastikan via klakson, Anda juga bisa mengeceknya melalui voltase meter pada bengkel resmi untuk memastikan tegangan listrik di aki masih baik kondisinya.

Lexus GS 350
Lexus GS 350

Perhatikan!

Bahan Bakar
Mesin V6 berkapasitas 3.500 cc tentu sudah Anda ketahui sebelum membeli mobil ini. Pastikan bahwa Anda siap mengeluarkan biaya lebih untuk bahan bakar minimal oktan 95. Bila Anda menggunakan bahan bakar di bawah oktan 95 dalam waktu lama bisa membuat kinerja mesin tidak optimal dan usia mesin lebih pendek pastinya.

Catatan Servis
Sebagai mobil mewah yang mempunyai banyak fitur canggih ditambah teknologi mesin yang super, tentu pemiliknya harus rajin melakukan servis rutin. Sangat disarankan untuk merawat mobil ini di bengkel resmi yang mempunyai peralatan mekanik lebih modern.

Karet
Periksa bagian karet seperti pada pintu, bagasi, dan kap mesin. Pastikan tidak ada karet yang getas akibat waktu pemakaian serta air yang mengendap saat mencuci mobil.


Pendapat Bengkel

Marsudi
Kepala Bengkel Lexus Gallery, Menteng, Jakarta Pusat

Lexus GS 350 merupakan sedan mewah yang mempunyai tenaga besar. Teknologi canggih mulai dari mesin hingga fitur sudah tersedia pada mobil ini. Paling mendasar adalah periksa catatan servisnya bisa melalui bengkel resmi dengan membawa unitnya. Karet-karet pada pintu bisa diperhatikan bila ada yang sudah getas dan harus diganti.


Rekomendasi

Di Indonesia Lexus GS
350 hanya ada 1 varian. Bila Anda berencana untuk memiliki mobil bekasnya, kami sarankan mencari yang berusia muda. Sebagai acuan mobil generasi keempat ini diluncurkan pada 2012, artinya kemungkinan di pasar mobil bekas tersedia dengan produksi 2014 atau 2015 sebagai usia termudanya.

Lexus GS 350

 

 

360/88-89(8-21Feb17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Senin, 9 Januari 2017

Lexus GS Raih The Best Medium Luxury Sedan Auto Bild V-KOOL Award 2016

Tentunya menjadi sebuah pertanyaan, absennya Mercedes-Benz E-Class dan BMW 5 Series di kelas Medium Luxury Sedan. Tak heran bila dengan mudah Lexus GS raih The Best Medium Luxury Sedan Auto Bild V-KOOL Award 29016

umum

Kamis, 22 Desember 2016

Lexus GS 200t Raih Penghargaan

Sedan andalan Lexus GS 200t raih pernghargaan dari Auto Bild Award 2016. Ini menunjukkan eksistensi Lexus sebagai sedan eksklusif ukuran medium.

mobil-baru

Kamis, 31 Maret 2016

Lexus GS F Sudah Masuk Indonesia

Lexus GS F sudah masuk Indonesia. Kehadiran Lexus GS F melengkapi kendaraan “F” yang dimiliki Lexus setelah kesuksesan RC F setahun sebelumnya

mobil-baru

Rabu, 2 Maret 2016

Lexus GS 200t Launching di Indonesia

Lexus GS 200t launching di Indonesia. Ya, varian baru lainnya dari Lexus ialah Lexus GS200t yang juga diluncurkan bersamaan dengan Lexus LX 570

umum

Selasa, 20 Maret 2012

Lexus GS 2012 Grand Tourer Sejati

Lexus GS 2012 hadir di Indonesia dalam 3 varian. Semuanya tetap memendam esensi nilai sport yang kental

mobil-baru

Jumat, 19 Desember 2014

Lexus GS F Akan Meluncur Tahun Depan?

Lexus akan meluncurkan anggota keluarga F terbaru di di North American International Auto Show 2015.