AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pilihan Mobil Laris

Foto : Dok. Auto Bild

Pilihan Mobil Bekas Laris Yang Mudah Dicari



Tak sulit mendapatkannya, karena daftar rekomendasi kami kali ini adalah mobilmobil terlaris (wholesales) saat berstatus baru pada 2015 lalu.

Selain itu karena populasinya yang masif maka akan mudah dijumpai di bursa mobkas, tentunya akan memudahkan Anda untuk mencari mobil incaran dengan kondisi terbaik.

Kemudian karena banyak dijadikan incaran, soal kualitas atau kehebatannya sudah diakui dan bisa dibilang meyakinkan. Di sisi lain yang menarik lagi adalah soal resale value, mereka cenderung memiliki harga jual yang stabil.

Jadi cukup menguntungkan jika Anda ingin menjualnya kembali untuk sekadar mengganti mobil. Sehingga dengan kondisi yang masih segar Anda juga bisa memperolehnya dengan harga yang lebih terjangkau. Siapa sajakah mereka?


Honda Jazz RS

Tahun: 2015
Mesin: 1.497 cc 4 silinder i-VTEC, 120 dk
Harga: Rp 220 jutaan

+: Bagasi lapang, model sporti, tenaga mesin
-: Roda belakang rem teromol, minim sensasi entakan

Tidak sedikit kaum muda yang jatuh hati pada Honda Jazz. Tidak hanya memiliki desain yang sporti tapi mobil ini terasa fun to drive berkat pengendaliannya yang lincah. Performa mesin hatchback ini pun responsif, dan penyaluran tenaganya terasa halus berkat transmsisi CVT.

Kemudian di generasi ini, Honda Jazz semakin lengkap. Ia sudah dilengkapi tombol audio dan cruise control di kemudi setir. Sehingga kualitas berkendara semakin nyaman.

Sayangnya, rem belakang Honda Jazz yang sebelumnya menggunakan cakram digantikan dengan model teromol. Namun, bila itu tidak menjadi masalah besar, mobil ini mampu membayarnya dengan kabin yang lapang dan ruang bagasi luas.


Honda City E

Pilihan Mobil Laris

Tahun: 2015
Mesin: 1.497 cc 4 silinder i-VTEC, 120 dk
Harga: Rp 250-260 juta

+: Konsumsi BBM, posisi mengemudi, fitur
-: Absen sensor parkir, intrusi suara kabin

Disamping memiliki tampilan sporti, Honda City diminati karena memiliki banyak fitur. Jika Anda memilih varian E, ia sudah ada fitur paddle-shift, cruise control, dan fitur stabilitas berkendara (VSA).

Kemudian hadirnya fitur berkendara hemat (ECON), membuat konsumsi BBM semakin irit. Di dalam kabin, Honda City memiliki posisi berkendara ergonomis, dan pengaturan dasbor pun dibuat driver oriented. Sehingga pengaturan tombol bisa dijangkau lebih mudah.

Sayangnya dengan harga jual yang masih tergolong tinggi, Honda City belum dilengkapi oleh sensor parkir. Namun dibandingkan rivalnya Toyota Vios, Performa mesin City lebih bertenaga dan cepat saat diajak berakselerasi.


Honda HR-V 1.5 E

Pilihan Mobil Laris

Tahun: 2015
Mesin: 1.497 cc 4 silinder i-VTEC, 120 dk
Harga: Rp 250–330 juta

+: Desain sporti, fun to drive, performa mesin
-: Bantingan suspensi, belum ada mode berkendara

Saat pertama kali diluncurkan Honda HR-V langsung mendapat respons positif. Desain sporti, interior lega dan dibekali banyak fitur menjadi daya tarik terkuatnya.

Sebut saja seperti rem parkir elektris, paddle-shift, AC dengan climate control sudah menjadi kelengkapan standar. Dan jika Anda memilih versi tertingginya, Anda akan mendapatkan fitur seperti lampu DRL sporti dan atap panoramik.

Honda HR-V memang belum dilengkapi mode berkendara seperti rivalnya Nissan Juke, namun performa mesinnya terbukti unggul berkat penggunaan transmsisi CVT. Sehingga bisa memperoleh akselerasi mumpuni dan halus serta diiringi konsumsi BBM yang efisien.


Toyota Agya

Pilihan Mobil Laris

Tahun: 2015
Mesin: 998 cc 3 silinder, 65 dk
Harga: Rp 80–105 juta

+: Harga terjangkau, legroom baris kedua lapang, konsumsi BBM
-: Tenaga mesin kecil, interior sederhana

Sejatinya mobil kelas LCGC banyak diminati karena memiliki harga jual yang terjangkau. Di balik itu meski memiliki dimensi bodi yang kecil, Agya tetap nyaman dikendarai berkat legroom baris kedua yang lapang.

Memang tenaga yang dihasilkan dari mesin 3 silindernya tidaklah istimewa, tapi bila digunakan sebagai transpoter perkotaan ia memiliki konsumsi BBM yang amat irit. Waktu kami uji performanya, saat baru ia bisa ‘berlari’ sejauh 14,9 km/l untuk rute dalam kota dan rute tol 21,3 km/l.

Kemudian soal perawatan tentunya Anda tidak perlu khawatir mengingat jaringan servis Toyota yang luas.


Mercedes-Benz C 250

Pilihan Mobil Laris

Tahun: 2015
Mesin: 1.991 cc 4 silinder turbo, 211 dk
Harga: Rp 810 jutaan

+: Model elegan, citra premium, bantingan suspensi
-: Pengendalian, desain

Jika Anda ingin naik kelas atau gengsi, sedan ini bisa jadi salah satu pilihan paling pas. Dari sisi tampilan, dengan lekuk bodi dinamis khas Mercy, C-Class terlihat lebih elegan dan manis.

Berbicara soal kualitas pengendalian C-Class memang masih kalah lincah bila dibanding rivalnya BMW Seri 3. Namun, Mercy mampu membayarnya dengan bantingan suspensi yang lebih lembut. Sehingga lebih nyaman untuk dikendarai.

Sebagai mobil premium, interior sedan Mercy ini dibekali material berkualitas. Dan jika Anda memilih varian C 250 fitur yang dimilikinya termasuk lengkap dan sudah dibekali dengan mode berkendara.


Toyota Avanza 1.5

Pilihan Mobil Laris

Tahun: 2015
Mesin: 1.495 cc 4 silinder Dual VVT-I, 104 dk
Harga: Rp 160–180 juta

+: Kabin lapang, konsumsi BBM, citra Toyota
-: Legroom baris kedua, desain interior

Toyota Avanza selalu diminati konsumen sebagai mobil keluarga. Daya pikatnya adalah citra akomodasi 7 penumpang diiringi konsumsi BBM efisien yang sudah melekat pada konsumen dari generasi pertama.

Di kelas Low MPV, Avanza mampu memanjakan penumpang karena punya kabin yang lapang hingga baris kedua. Kendati demikian untuk bangku baris paling belakang hanya pas ditumpangi oleh anak kecil.

Karena dijual dalam beberapa varian, kami merekomendasikan untuk mengambil tipe tertinggi Veloz. Selain tampilan lebih sporti, fiturnya pun lebih lengkap.


Honda CR-V 2.4

Pilihan Mobil Laris

Tahun: 2015
Mesin: 2.354 cc 4 silinder, 190 dk
Harga: Rp 410-420 juta

+: Kabin lapang, fitur, interior mewah
-: Konsumsi BBM, kekedapan kabin

Daya pikat mobil ini salah satunya ada pada bagian wajah mobil yang terlihat futuristis. Bahkan tren positif itu berlanjut pada kabinnya yang mewah dan lapang. Bagi penumpang belakang Anda bisa duduk dengan amat rileks meski melakukan perjalanan jauh.

Hanya saja meski sudah dibekali mode berkendara hemat ECON jika dibandingkan rivalnya Mazda CX-5, konsumsi BBM-nya masih kalah irit. Namun bila itu bukan persoalan, Honda dilengkapi banyak fitur. Sebut saja atap panoramic, kontrol stabilitas, dan cruise control.

 

 

360/90-91(8-21Feb17)

Komentar