AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pilihan Mobil Bekas Pemenang Auto Bild Award 2015

Foto : Dok. Auto Bild

Pilihan Mobil Bekas Pemenang Auto Bild Award 2015



Inilah pilihan mobil bekas pemenang Auto Bild Award 2015. Tahun lalu mereka adalah para juara di ajang Auto Bild Award 2015. Meski tak lagi baru mereka tetap memiliki pesona tinggi untuk dipinang.

Inovasi terus dilakukan oleh produsen mobil. Tidak hanya performa, akan tetapi teknologi serta beragam fitur juga dikembangkan demi menjadi yang terbaik dan diminati banyak konsumen.

Hasil dari pengembangan tiada akhir itu adalah pengakuan oleh konsumen maupun panel ahli sebagai bukti akan keunggulan produknya.

Terlebih jika mendapat pengakuan Auto Bild Award yang merupakan barometer akan penghargaan mobil-mobil terbaik di Indonesia setiap tahun. Dengan demikian memiliki mobil tersebut bisa menjadi kepuasan tersendiri.

Namun, yang menggembirakan mobil-mobil yang pernah mendapat predikat terbaik di Car Category Auto Bild Award ini sudah ada di pasar mobil bekas.

Untuk lebih spesifik, kami langsung menentukan pilihan varian dari setiap model. Tentu dengan memilih berdasarkan value for money yang lebih baik dari varian tersebut.

Singkatnya, inilah kesempatan yang lebih mudah untuk mendapatkan para pemenang dengan harga yang lebih menyenangkan.

Honda Brio Satya E MT Mazda2 R AT

Tahun: 2015
Mesin: 1.198 cc 4 silinder, 88 dk
Harga: Rp 115 jutaan

+: Tenaga mesin, pengendalian, konsumsi BBM
-: Volume bagasi, desain interior

Secara tampilan, Brio Satya bisa dikatakan hampir serupa dengan Honda Brio yang sudah lebih dulu muncul. Hanya saja terdapat beberapa penurunan spesifikasi yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor untuk menekan harga jual.

Salah satu yang membuat Brio perkasa di kelasnya adalah performa mesin. Saat itu, ia menjadi satu-satunya mobil LCGC yang memakai mesin 4 silinder dan memiliki tenaga terbesar. Menariknya tren positif itu berlanjut karena ia asyik dikendarai berkat handling-nya yang baik.

Meski ruang bagasi terasa paspasan, namun ia memiliki banyak kelebihan lain termasuk konsumsi BBM yang irit.

 

Tahun: 2015
Mesin: 1.496 cc 4 silinder, 115 dk
Harga: Rp 220 jutaan

+: Pengendalian, fitur, performa mesin
-: Bantingan suspensi, legroom baris kedua

Banyak konsumen berjiwa muda menaruh perhatian pada Mazda2 berkat desainnya yang terlihat atraktif dan modern. Bukan hanya itu, Mazda2 juga dikarunai banyak fitur.

Sebut saja seperti i-stop, paddle-shift, dan mode berkendara Sport. Teknologi SKYACTIV yang mengombinasikan mesin bertenaga diiringi konsumsi bahan bakar irit menjadi senjata ampuh untuk menakklukan rivalnya. Wajar jika Mazda2 diganjar Car of The Year di 2015.

Sayangnya legroom dan headroom-nya tidak mengalami perubahan banyak dari generasi sebelumnya. Masih terasa paspasan. Selain itu sulit dipungkiri jika bantingan Mazda2 terasa kaku, namun di lain sisi itu berbuah manis pada pengendaliannya yang tajam.

 

Toyota Corrola Altis Mitsubishi Delica
Tahun: 2015
Mesin: 1.798 cc 4 silinder, 151 dk
Harga: Rp 340 jutaan

+: Desain sporti, transmsi CVT, fitur
-: Akselerasi, hanya ada satu varian

Memasuki generasi ke-11 Toyota tampil semakin berani dan sporti. Ia juga memiliki dimensi lebih lebar yang berdampak pada ruang kabin lebih lapang. Kemudian posisi mengemudi ideal mudah didapat berkat pengaturan jok elektris dan setir yang dapat diatur naik-turun.

Soal adu sprint 0-100 km/jam, Corolla memang masih kalah cepat jika dibandingkan dengan rivalnya Honda Civic. Namun, mesin 1.800 cc yang dikawinkan dengan transmisi CVT memberikan prestasi gemilang terhadap konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Di lain sisi penyaluran tenaga yang halus memberikan rasa nyaman saat mengendarainya.

Tahun: 2015
Mesin: 1.998 cc 4 silinder, 150 dk
Harga: Rp 295 jutaan

+: Akomodasi, pintu geser, ground clearance tinggi
-: Desain bukan kesukaan banyak orang, pengendalian

Sebagai mobil keluarga, Delica coba menawarkan sesuatu yang spesial dibanding rival sekelas. Tanpa menghilangkan jati dirinya sebagai ras MPV yang unggul dalam akomodasi dan kenyamanan, ia juga diberkati ground clearance tinggi sehingga membuatnya bisa melaju di medan lebih beragam.

Kepraktisan juga disuguhkan Delica. Pintu geser elektris di kedua sisinya membuat akses masuk-keluar kabin kian praktis. AC climate dan double blower juga hadir untuk menyejukkan kabin MPV Andalan Mitsubishi ini yang lapang.

 

 

 

Hyundai Santa Fe CRDi Mercedes-Benz C 250 AMG
Tahun: 2015
Mesin: 2.199 cc 4 silinder turbo, 197 dk
Harga: Rp 400 jutaan

+: Tenaga, desain Eropa, fitur
-: Citra Korea, resale value

Tidak bisa dipandang sebelah mata. Di kelas Big SUV, Hyundai Santa Fe berhasil menjadi yang terbaik di Auto Bild Award 2015. Ia memiliki tampang seperti kebanyakan mobil Eropa dan terlihat mewah.

Dibanding rival memang citranya sebagai brand Korea masih kalah populer. Tapi Jika itu memang bukan persoalan untuk Anda, performa mesin diesel Santa Fe CRDi sangat bertenaga.

Memiliki tenaga maksimum hingga 197 dk, dengan bodinya yang bongsor ia mampu belari 0-100 km/jam dalam waktu 9,4 detik. Nilai tambahnya ia juga dibekali fitur kamera parkir secara 360 derajat. Sehingga aktivitas parkir kian mudah mengingat dimensinya yang besar.
Tahun: 2015
Mesin: 1.991 cc 4 silinder, 211 dk
Harga: Rp 810 jutaan

+: Desain cantik, fitur, interior mewah
-: Pengendalian, akselerasi

Mewah saja belum cukup untuk menggambarkan sedan kompak ini. C-Class berkode W205 dikaruniai paras cantik dan dinamis. Kemudian headlamp berteknologi LED juga memberi kesan modern. Daya tarik pada eksteriornya begitu kuat.

Tidak ada yang perlu diragukan soal mutunya. Sebagai sedan premium interior C250 AMG ini dibekali material berkualitas. Seluruh sisi kabin dirancang agar setiap penumpang di dalamnya rileks.

Sayang meski sudah dipasangkan pelek sporti berdiameter lebar, dibandingkan rivalnya BMW Seri 3 pengendalian C-Class masih kalah lincah. Namun jika Anda fanatik mobil Mercy, mobil ini dilengkapi mode berkendara Sport+ dan Individual untuk merasakan sensasi berkendara lebih agresif.

 

Honda Mobilio RS
Tahun: 2015
Mesin: 1.496 cc 4 silinder, 118 dk
Harga: Rp 195 jutaan

+: Fun to drive, kabin lapang, desain sporti
-: Desain interior, fitur

Semenjak dibubuhi emblem RS, Honda Mobilio semakin menggoda untuk dipinang berkat desain eksteriornya yang makin sporti.

Daya tarik Mobilio tidak hanya pada tampilan luar. Performa mesin MPV ini juga menggembirakan. Selain bertenaga, konsumsi bahan bakarnya juga irit. Saat kami uji, ia mampu berjalan 14,9 km/l untuk rute dalam kota dan 18,9 km/l untuk rute tol.

Di generasi ini desain dasbornya memang masih terasa kurang menggugah. Namun, jika itu dianggap bukan persoalan besar, Mobilio merupakan salah satu mobil keluarga yang asyik dikendarai berkat handling yang baik.

 

356/90-91(14-27Des16)

Komentar