AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pilihan Sports Car

Foto : Dok. Auto Bild

Pilihan Sports Car Bekas Performa Apik



Impresinya sungguh luar biasa. Selain memiliki desain eksterior yang amat sporti dan citra mewah, sports car juga sering diidentikkan dengan kecepatan. Wajar jika banyak orang menjadikan sebuah sports car sebagai mobil impian.

Di lain sisi bagi Anda pengemudi antusias ini adalah pilihan yang pas. Karena sejatinya sports car memang dirancang dengan mengutamakan rasa berkendara yang fun to drive dan performa mesin yang bertenaga.

Terlebih mobil ini juga sarat akan gengsi mengingat saat baru ia memiliki harga jual yang tinggi. Namun, karena mereka sudah ada di pasaran mobil bekas, tentu Anda bisa menjemput mobil impian dengan harga yang lebih terjangkau lagi.

Bagi yang mengimpikan sports car, berikut beberapa pilihan rekomendasi kami.


Mazda MX-5

Pilihan Sports Car

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.999 cc 4 silinder, 160 dk
Harga: Rp 420-470 juta

+: Atap lipat, fun to drive, model eksotis
-: Fitur, tenaga

Mazda MX-5 tak kalah memesona. Dengan model bonnet memanjang ia terlihat seperti roadster. Apalagi ketika atapnya sudah terlipat saat berkendara, pastinya Anda akan jadi pusat perhatian orang sekitar

Absennya bangku baris kedua memang mengurangi nilai kepraktisan, begitu juga pada ruang bagasi yang terbatas. Tapi itu rasanya bukan masalah besar karena sejatinya mobil jenis coupe paling pas ditumpangi 2 orang.

Keistimewaan mobil ini terletak pada posisi berkendara rendah nyaris berselonjor. Apalagi ditambah pengendalian akurat yang membuat ia terasa sangat fun to drive.


Toyota 86

Pilihan Sports Car

Tahun: 2013
Mesin: 1.998 cc 4 silinder boxer, 200 dk
Harga: Rp 550 jutaan

+: Jok bucket, pengendalian tajam, model sporti
-: Bantingan keras, lantai bagasi

Jika Anda penyuka aksi drifting, memilih mobil ini adalah pilihan tepat. Toyota 86 memang bukan mobil yang sangat kencang, tapi setidaknya ia bukan mobil lamban.

Saat kami uji di kondisi baru ia sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik.

Sebagai sports car wajar jika bantingan 86 terbilang rigid. Tapi itu berbuah manis terhadap pengendaliannya yang presisi dan minim gejala limbung. Saat berada di dalam kabin mungkin Anda akan betah berlama-lama, selain fun to drive, jok bucket-nya terasa ergonomis dan nyaman diduduki.


Subaru Impreza WRX

Pilihan Sports Car

Tahun: 2013
Mesin: 2.457 cc 4 silinder, 300 dk
Harga: Rp 470 jutaan

+: Citra reli, model sporti, posisi mengemudi
-: Tidak sekencang versi manual, konsumsi BBM, aftersales

Citra sebagai mobil balap reli begitu melekat di mobil ini. Apalagi tampilannya begitu gahar karena bentuk kap mesin yang memiliki air scoop.

Soal akselerasi ia memang tidak sekencang versi manual. Akan tetapi transmisi otomatis adalah pilihan tepat jika Anda sering membawanya ke daerah kemacetan.

Meskipun begitu jangan ragukan kehebatannya ia tetap asyik untuk diajak berlari kencang. Dari mode berkendara Subaru Intelligent Drive, ketika mode Sport diaktifkan karakter mesin dan transmisi memiliki respons lebih sensitif. Posisi duduknya juga ergonomis karena menggunakan jok semi bucket berdesain sporti.


Volkswagen Golf GTI MkVI

Pilihan Sports Car

Tahun: 2012
Mesin: 1.984 cc 4 silinder turbo, 210 dk
Harga: Rp 500 jutaan

+: Kehalusan berkendara, tenaga, fun to drive
-: Tampilan interior sederhana, konsumsi BBM

Volkswagen Golf GTI memiliki tampilan luar kalem tapi sarat akan tenaga, dan itu menjadi salah satu magnet terbesarnya untuk merayu pecinta mobil kencang. Mesin performa tinggi dengan tenaga mencapai lebih dari 200 daya kuda tentu mampu memuaskan adrenalin penunggangnya.

Tenaga besar memang menuntut asupan bahan bakar lebih. Namun, bila bukan persoalan Golf GTI juga asyik untuk dikendarai. Ia mempunyai mode berkendara Comfort, Normal dan Sport. Selain itu perangkat hiburannya sudah menggunakan monitor layar sentuh. Sehingga terlihat modern dan praktis digunakan.


Mitsubishi Lancer Evo X

Pilihan Sports Car

Tahun: 2008
Mesin: 1.998 cc 4 silinder turbo, 280 dk
Harga: Rp 700 jutaan

+: Citra reli, eksklusif, penggerak empat roda
-: Unit langka, layout interior biasa saja

Dari garasi Mitsubishi yang tak kalah menggoda untuk dipinang adalah Mitsubishi Lancer Evo X yang kental akan citra balap reli dunianya. Evo X yang dirancang dengan gril besar jelas membuatnya semakin gahar dilihat.

Jika Anda pecinta mobil ini, mungkin Anda perlu bersabar mencarinya. Memang sekilas mirip dengan versi reguler yakni Lancer EX atau GT, namun di Indonesia Mitsubihi Lancer Evo X termasuk unit yang jarang ada di pasar mobkas.

Ketika Anda sudah memilikinya tidak saja terasa eksklusif, tapi saat dikendarai ia memiliki traksi dan handling mumpuni karena dibekali sistem penggerak empat roda.


Porsche 911 Carrera S Cabriolet

Pilihan Sports Car

Tahun: 2012
Mesin: 3.800 cc 6 silinder boxer, 400 dk
Harga: Rp 2,2 miliaran

+: Eksotis, tenaga mesin, interior mewah
-: Unit bekas langka, bangku baris kedua sempit

Terlahir sebagai ras cabriolet tentu membuatnya semakin eksotis. Selain dibekali mesin boxer dengan tenaga berlimpah hingga 400 dk, Porsche juga lebih dikenal sebagai sports car yang memiliki handling tajam.

Aura mewah begitu terasa saat memasuki kabin. Balutan jok kulit berkualitas diiringi posisi duduk ergonomis membuat Anda betah mengendarai Porsche 911 Carerra ini dalam waktu lama.

Meski disediakan bangku baris kedua, mobil sport memang paling pas ditumpangi oleh dua orang mengingat legroom yang disediakan hanya pas diisi oleh anak kecil. Yang menarik Porsche juga membekali mobil ini dengan fitur auto start/stop untuk menekan konsumsi BBM agar lebih irit.


BMW M3 E92

Pilihan Sports Car

Tahun: 2011
Mesin: 3.999 cc V8, 420 dk
Harga: Rp 1,650 miliaran

+: Handling, tenaga mesin berlimpah, tampilan kupe
-: Bantingan suspensi, agak langka

Merupakan generasi keempat dari BMW M3. Dengan tetap mempertahankan desain kupenya M3 selalu asyik untuk dipandang baik dari fascia hingga buritan. Lekuk bodiya terlihat dinamis.

Meski M3 sudah berganti model dengan kode bodi F80 yang bertampilan lebih macho, M3 E92 tetap layak dimiliki. Saat diajak berakselerasi, suara raungan mesin V8 naturally aspirated-nya sungguh memacu adrenalin.

Apalagi itu didukung dengan tenaga berlimpah. Dan citra positif itu berlanjut dengan rasa berkendara yang fun to drive berkat pengendalian tajam khas BMW.

 

 

359/90-91(25Jan-7Feb17)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Kamis, 8 Desember 2016

Generasi Terbaru Lotus Elise Akan Hadir di 2020

Kabarnya, generasi terbaru Lotus Elise akan hadir di 2020. Nantinya, bentuk mobil ini tidak akan sama seperti Elise Concept 2010

knowledge

Minggu, 18 September 2016

Ariel Atom Pakai Mesin Honda Civic Type R

Ariel Atom pakai mesin Honda Civic Type R. Sebuah bentuk kolaborasi yang menarik. Seperti apa bentuknya?

knowledge

Minggu, 18 September 2016

Noble M600 Berbagi Mesin Dengan Volvo

Noble M600 berbagi mesin dengan Volvo. Seperti apa rasa berkendaranya?

knowledge

Minggu, 18 September 2016

Lotus Elise, Evora, dan Exige Gunakan Mesin Toyota

Lotus Elise, Evora, dan Exige Gunakan Mesin Toyota. Seperti apa performanya?

knowledge

Minggu, 18 September 2016

Mobil Sport Caterham Pinjam Mesin Ford Kent

Mobil sport Caterham pinjam mesin Ford Kent. Bisakah ia menandingi supercar lainnya?

knowledge

Minggu, 18 September 2016

Pagani Huayra Pakai Mesin Mercedes-Benz Dari AMG

Pagani Huayra pakai mesin Mercedes-Benz dari AMG. Bagaimana rasanya di jalan?

knowledge

Minggu, 18 September 2016

Koenigsegg Agera Pakai Mesin Ford Modular

Koenigsegg Agera pakai mesin Ford Modular. Seberapa buas tenaganya?

knowledge

Minggu, 18 September 2016

Daftar Mobil Sport Yang Pakai Mesin Dari Mobil Lain

Mobil sport memang lekat dengan mesin yang bertenaga. Tapi beberapa mobil sport ternama yang beredar di pasar nyatanya menggunakan mesin dari mobil lain. Inilah daftar mobil sport yang pakai mesin dari mobil lain

knowledge

Senin, 4 Juli 2016

Perhatikan Kondisi Intercooler Mobil Bekas Turbo

Perhatikan kondisi intercooler mobil bekas turbo. Sebagian besar mobil turbo juga sudah diimbuhi intercooler untuk mendinginkan udara yang akan diinjeksikan ke ruang bakar

knowledge

Senin, 4 Juli 2016

Hati-hati Bunyi Siulan Turbo Yang Terlalu Keras!

Mayoritas perangkat turbo saat ini sudah dilengkapi wastegate yang berfungsi untuk membuang tekanan udara lebih yang dihasilkan

knowledge

Senin, 4 Juli 2016

Hati-hati Turbo Bunyi Kasar

Luangkan waktu dan membuka kap mesin. Hal itu bertujuan agar Anda bisa lebih jelas mendengarkan suara-suara abnormal dari area turbo

knowledge

Senin, 4 Juli 2016

Asap Tebal Dari Knalpot Tanda Oli Pelumas Turbo Bocor

Kepulan asap tebal bisa disebabkan oleh adanya oli yang berfungsi melumasi komponen turbo itu bocor dan masuk ke ruang bakar

knowledge

Senin, 4 Juli 2016

Tips Beli Mobil Bekas Turbo di Indonesia

Di Indonesia mobil yang sudah dilengkapi perangkat turbo, biasanya masuk kelas menengah dan mewah. Jangan terbuai kemolekan tampilan eksterior, perhatikan juga peranti pemasok udara paksa itu. Inilah tips beli mobil bekas turbo di Indonesia

feature

Kamis, 30 Juni 2016

Pilihan Mobil Bekas Turbo di Indonesia

Mobil bermesin turbo sering diidentikan dengan performa tinggi. Namun di mobil-mobil masa kini, mobil dengan mesin turbo tak hanya kencang, namun juga berpotensi irit bahan bakar. Inilah pilihan mobil bekas turbo di Indonesia