AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Problema Kerusakan Transmisi Otomatis

Foto : Arizona Sudiro

Problema Kerusakan Transmisi CVT



Continuously Variable Transmition (CVT), dikenal menyajikan kenyamanan kepada pengendara dan penumpang. Pasalnya transmisi yang mengandalkan puli ini, tidak ada perpindahan gigi saat bekerja. Rasanya persis seperti saat mengendarai sepeda motor matik.

Mobil-mobil baru saat ini sudah banyak yang menggunakan CVT, contohnya Honda Jazz GK5 dan Nissan Juke. Kerusakan yang biasa terjadi adalah, karena kesalahan sang pemilik dalam melakukan perawatan. Oli transmisi menjadi hal yang terpenting. Transmisi ini membutuhkan oli khusus untuk CVT.

“Kerusakan yang bisa Anda jumpai adanya getaran yang berlebih saat mobil bergerak dari posisi diam. Untuk masalah ini disebabkan oleh rantai baja CVT yang sudah runcing, sehingga tidak melekat dengan sempurna ke puli,” kata Holil, dari Wani Matik.

Selebihnya, kerusakannya karena usia pakai transmisi CVT yang diperkirakan hanya berumur 10 tahun. Holil menghargai satu unit transmisi rekondisi Honda Jazz dan City sekitar Rp 9,5 juta. Sedangkan Mitsubishi Lancer Rp 15 juta dan Nissan Juke berkisar Rp 18 juta

 

 

361/118-119(22Feb-11Mar17)

Komentar