AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Beli SUV BMW X3 Diesel Bekas di Indonesia

Foto : Dok. Auto Bild

Tips Beli SUV BMW X3 Diesel Bekas di Indonesia

Di saat SUV sedang tren, pasar mobil bekas bisa menjadi solusi bila Anda ingin memilikinya. Terlebih mempunyai SUV bernuansa mewah juga canggih dari teknologi mesin hingga fiturnya. Inilah tips beli SUV BMW X3 diesel bekas di Indonesia

Di saat SUV sedang tren, pasar mobil bekas bisa menjadi solusi bila Anda ingin memilikinya. Terlebih mempunyai SUV bernuansa mewah juga canggih dari teknologi mesin hingga fiturnya. Inilah tips beli SUV BMW X3 diesel bekas di Indonesia.

BMW identik dengan mobil mewah dan sporti, dan itu juga terjadi pada line-up SUV mereka. Berlabel Seri X, BMW X3 menjadi salah satu Medium Luxury SUV yang bisa Anda buru.

Di pasar mobil bekas Anda bisa memilih dua tipe mesin yakni bensin dan diesel. Keduanya sama-sama memiliki kapasitas mesin 2.000 cc.

Pada artikel How to Buy kali ini, kami spesifik memilih versi bermesin diesel. Selain karena lebih laris dan mudah dicari bekasnya, torsi yang lebih besar membuatnya lebih mantap untuk melaju di beragam medan. Soal efisiensi pun tidak perlu diragukan.

Hasil tes yang pernah kami coba, untuk BMW X3 xDrive20d mesin diesel akselerasinya mampu meraih 7,9 detik di parameter 0-100 km/jam.

Meskipun harus diakui suara khas diesel yang lebih berisik dari bensin tidak bisa disembunyikan. Khususnya saat di luar kabin.

Konsumsi BBM X3 diesel juga menarik karena saat dipacu konstan di jalan tol, pengetesan kami mencatat angka 17,7 km/liter. Namun, perlu diingatbahwa bahan bakar yang digunakan rendah sulfur, minim partikulat dan angka cetane yang tinggi.

Penggunaan pelek 17 inci membuatnya terlihat semakin gagah. Suspensinya pun mampu meredam dengan lembut sehingga punya tingkat kenyamanan yang baik untuk penumpang di kabin.

Penampilan macho khas SUV juga terpancar dari desain eksteriornya. Lekukan pada bodinya membuatnya terlihat kekar. Walaupun postur bodinya tidak menghilangkan identitas SUV dengan ground clearance yang tinggi.

Kecanggihan BMW X3 tidak hanya dari mesinnya, tetapi juga fiturfiturnya. Salah satu paling menarik adalah fitur Auto Start/Stop yang berperan dalam kehematan bahan bakar.

Fitur ini juga sangat membantu ketika Anda melalui jalanan macet dan terjebak dalam kondisi ‘stop and go’.

Bila Anda tertarik dengan BMW X3 xDrive20d bekas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Terlebih dengan segala kecanggihan BMW, Anda harus teliti sebelum membeli.

History

2004: BMW X3 generasi pertama diluncurkan secara global. Kehadiran X3 melengkapi Seri X yang sebelumnya sudah ada X1 dan X5.

2011: Pada bulan April, PT BMW Indonesia resmi meluncurkan BMW X3 xDrive terbaru yang merupakan generasi kedua secara global. Populasi X3 sendiri di dunia saat diluncurkan tahun tersebut telah mencapai 600.000 unit lebih.

2014: Indonesia International Motor Show (IIMS) menjadi momen meluncurnya BMW X3 facelift yang diluncurkan oleh PT BMW Indonesia. Perubahannya tidak hanya kosmetik tapi juga ada penambahan fitur.


Checklist

Kaki-kaki
Sebagai mobil yang mempunyai daya jelajah tinggi, umumnya pemilik mobil sebelumnya sering nekat membawanya ke medan cukup berat. Meski mampu namun kami mengimbau Anda untuk melakukan pengecekan pada komponen kaki-kaki seperti shockbreaker. Selain melakukan pengujian, Anda juga bisa meminta montir dari bengkel resmi untuk mengecek kondisi suspensi.

Filter Solar
Salah satu komponen yang wajib Anda periksa pada mesin diesel adalah filter solar. Mengingat masih terbatasnya Pertamina Dex di daerah terkadang memaksa pemilik untuk membeli bahan bakar diesel dengan cetane yang rendah dan tinggi sulfur. Besar kemungkinan filter solar cepat kotor atau bahkan rusak.

Aki
Usia aki saat ini tidak seperti dulu yang panjang. Rata-rata saat sudah berumur 2 atau 3 tahun, aki harus segera diganti. Di BMW X3, fitur Auto Start/Stop memerlukan cadangan listrik di aki yang cukup agar bekerja normal. Belum lagi mesin diesel memiliki kompresi tinggi sehingga dinamo starter memerlukan arus listrik yang besar.

Perhatikan!

Bahan Bakar
Teknologi mesin diesel canggih pada BMW X3 harus diberi asupan yang baik. Ini perlu untuk memperpanjang usia mesin dan merawat komponen di dalamnya agar tidak cepat rusak atau aus. Bila Anda berencana membeli BMW X3 xDrive20d maka bersiaplah untuk konsisten membeli bahan bakar berkualitas dengan sulfur rendah dan angka cetane tinggi.

Panel Instrumen
Cara paling mudah memastikan apakah mobil yang Anda incar ada masalah adalah dengan memperhatikan panel instrument. Lakukan test drive dan ketika di lampu merah pastikan tidak ada lampu peringatan yang menyala di panel instrumen. Bila ada, langsung bawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan.

Catatan Servis
Memiliki mesin canggih membuat BMW X3 memerlukan perawatan yang tidak boleh sembarangan. Anda bisa memastikannya melalui buku servis atau catatan servis di bengkel resmi. Apakah pemilik sebelumnya rajin melalukan perawatan dan spare parts apa saja yang pernah diganti.


Pendapat Bengkel

Cecep Supriyadi
Service Advisor BMW Sunter, Jakarta


Populasi BMW X3 diesel cukup banyak di Indonesia khususnya tipe diesel. Secara fisik seperti bumper depan dan belakang bisa jadi perhatian, khawatir pemilik sebelumnya sering melewati jalanan berbukit sehingga ada goresan pada bumper atau bagian bawah bodi mobil.

Mesin diesel BMW sudah sangat canggih, perawatan rutin sesuai periode wajib dilakukan. Filter solar jadi komponen yang wajib dicek, mengingat kondisi bahan bakar berkualitas untuk mesin diesel di Indonesia belum merata.


Rekomendasi
Pada tipe diesel ini BMW X3 xDrive20d memang hanya satu varian dengan penggerak semua roda. Spesifikasi ini sudah lebih dari cukup untuk Anda menjelajahi kota maupun medan-medan semi off-road.


 

354/88-89(16-29Nov16)

Komentar