AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Transporter Komplit Keluarga

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

  • Transporter Komplit Keluarga

    Foto :

Transporter Komplit Keluarga

Toyota Kijang Innova bermesin diesel ini berusaha memberikan nilai lebih bagi si empunya


Toyota langsung merespons dengan mengusung teknologi common-rail dalam membesut Kijang Innova diesel. Bersanding dengan versi bensin pada tahun 2004, resmi mobil keluarga ini hadir di Indonesia.

Kijang Innova 2.500 cc ini memiliki tenaga 102 dk. Namun keunggulan pada torsi, bisa terasa saat Innova diesel digunakan dalam keseharian. Torsi sebesar 200 Nm siap menghela bobot dan kapasitas penumpang di dalamnya.

Tidak hanya itu, lalu lintas macet pun, Innova diesel asyik dikendarai tanpa kehilangan tenaga sedikitpun. Keunggulan torsinya bisa dimaksimalkan di berbagai area tadi di samping kenyamanan tentunya.

Tak hanya hemat, mesinnya terhitung andal. Tidak heran kalau mesin berkode 2KD-FTV ini juga disematkan pada SUV, Toyota Fortuner, sang kompatriotnya.

Kian komplit, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan 2 pilihan transmisi, yakni manual 5-speed dan otomatis 4 percepatan. Sehingga konsumen bisa memilih dengan leluasa opsi tadi.

Cukup? Tentu saja belum. Nilai jual kembali Kijang Innova diesel juga masih berkibar. Artinya, pesona Kijang Innova masih punya tempat di kalangan konsumen di Tanah Air. Resale value masih tinggi di sejumlah tempat di Indonesia. Wajar, punya Kijang Innova, termasuk versi diesel bisa menjadi proyek investasi Anda, calon pemilik berikutnya. Bagaimana?

HISTORY

Pada tahun 2004, Toyota resmi merilis Kijang Innova bensin dan diesel untuk pasar Indonesia. Mesin berkode 2KD-FTV ini sudah dibekali teknologi common-rail dengan varian G dan V. Setahun kemudian, versi transmisi matik baru dige-lontorkan ke publik.

Namun demikian, spesifikasi bahan bakar diesel belum memenuhi kebutuhan Kijang Innova diesel. Kijang diesel lansiran 2004 – 2006 masuk dalam kategori ini.

Toyota menyempurnakan sistem pembuangan termasuk pemasangan Catalytic Converter di pengujung 2006. Fitur airflow meter serta sensor sentra vakum di seputar sistem pembuangan dilekatkan. Alhasil, ECU dapat mengontrol jumlah udara yang masuk dengan baik. Model seperti ini masih diadopsi hingga medio 2011.

Kemudian, akhir 2011 Toyota mengembangkan model baru pada sistem pembuangan. Hanya saja, CC dipensiunkan diganti dengan desain anyar yang lebih gambot di sekitar sistem pembuangan.
 

CHECKLIST
CATALYTIC CONVERTER (CC)
Untuk lansiran Toyota Kijang Innova 2007 – 2011 (awal) pastikan kondisinya masih terawat dan bersih. Bila terasa terindikasi tersumbat CC, bersiaplah mengeluarkan ongkos perawatan sebesar Rp 1,8 juta. Komponen seperti pipa, intake, turbo serta CC dibersihkan untuk merekondisi.

MESIN
Tidak perlu diragukan performa mesin Toyota Kijang Innova diesel. Perhatikan bagian mesin ini. Pastikan mesin dalam kondisi kering. Tidak ada lelehan cairan oli di sekitarnya. Bila ada, kemungkinan besar ada yang bocor pada bagian sekitar ini.

BUKU SERVIS
Beruntung kalau Toyota Kijang Innova masih disertai dengan buku servis. Setidaknya, historical kendaraan bisa terlacak bila ada keluhan

 

PERHATIKAN!
SUSPENSI
Salah satu kekuatan Toyota Kijang Innova, termasuk versi diesel terletak pada kaki-kaki-nya yang kuat. Pengaplikasian suspensi double wishbone serta arm atas dan bawah yang solid menjadi kunci kekuatan kakinya. Pastikan bagian ini dalam kondisi oke.

INDICATOR MAL-FUNCTION
Langsung starter kunci kontak Innova diesel. Lihat dan pastikan sinyal lampu yang ada pada panel. Bila tidak menyala atau ON dalam waktu lama, kemungkinan ada masalah pada kinerja mesin Anda.
 

PENDAPAT BENGKEL
Tibisana Wardhaya
Kepala Cabang Plaza Toyota Green Garden Jakarta

Toyota Kijang Innova diesel memang pilihan pas untuk saat ini. Bukanhanya sekedar mobil keluarga, tapi teknologi common-rail diesel yang diusung memberi nilai plus. Maklum, teknologinya sudah sekelas Toyota Land Cruiser sang kakaknya yang notabene transporter premium diesel.

Performa Kijang Innova hebat, terutama torsinya saat beraksi. Tenaganya terasa sekali, dan asyik dikendarai dalam segala medan, termasuk lalu lintas perkotaan.

Selain itu, resale value Kijang Innova diesel di pasaran cukup mantap. Malah, bisa dibilang nilai jualnya di atas rata-rata mobil sejenis. Wajar, kalau Kijang Innova diesel bisa menjadi pilihan bagi mobil keluarga Indonesia.

Rekomendasi
Bila Anda tinggal di perkotaan, Toyota Kijang Innova bertransmisi otomatis menjadi opsi. Tidak hanya nyaman, namun dari segi teknis yakni torsi lebih mumpuni ketimbang manual.

Secara teknis, Kijang Innova matik lebih 60 Nm ketimbang manual. Sementara secara penampilan serta fitur dan kelengkapan relatif tidak berbeda dengan manual.

 

Berapa biaya yang harus dikeluarkan?
Toyota Kijang Innova diesel
2.5 E M/T
2008Rp 170 juta
2009Rp 180 juta
2010Rp 190 juta
2011Rp 197 juta
2.5 G M/T
2008Rp 190 juta
2009Rp 200 juta
2010Rp 205 juta
2011Rp 212 juta

2.5 G A/T
2008Rp 200 juta
2009Rp 205 juta
2010Rp 217 juta
2011Rp 223 juta
2.5 V M/T
2008Rp 200 juta
2009Rp 205 juta
2010Rp 210 juta
2011Rp 218 juta

2.5 V A/T
2008Rp 215 juta
2009Rp 220 juta
2010Rp 240 juta
2011Rp 250 juta
ONDERDIL
Filter udaraRp 361.000
Filter solarRp 170.000
Oil filterRp 94.000
InjektorRp 7.373.000/piece
Sokbreker depanRp 401.000/buah
Sokbreker belakangRp 292.000/buah
Kampas rem depanRp 475.000/set
Kampas rem belakangRp 460.000/set
Kopling setRp 2.991.000
Piringan setRp 386.000/buah

259/68-69(27Mar-9Aprl13)

 

Tags

Komentar