AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kenali Gejala Kopling Mobil Bermasalah

Kenali Gejala Kopling Mobil Bermasalah

Pada mobil manual, kopling menjadi komponen yang berkaitan dengan transmisi untuk menaik-turunkan gigi dengan menyesuaikan kondisi jalan. Untuk itu sebaiknya, kenali gejala kopling bermasalah

Memiliki kendaraan khususnya mobil memang tidak terlepas dari berbagai masalah. Sialnya, masalah tersebut muncul di waktu yang tidak terduga. Terutama pada mobil manual, kopling menjadi komponen yang berkaitan dengan transmisi untuk menaik-turunkan gigi dengan menyesuaikan kondisi jalan. Untuk itu sebaiknya, kenali gejala kopling bermasalah.

Mungkin Anda pernah mengalami yang namanya kopling tiba-tiba hilang tekanan, sehingga kesulitan untuk memindahkan gigi. Menurut Iwan Abdurrahman, Kepala Bengkel Toyota TAM Sunter, ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan ketika berkendara.

Kopling Loss

“Untuk model kabel, biasanya yang terjadi kabel putus atau setelannya lepas karena kendor,” ungkap Iwan. Iwan pun melanjutkan, untuk model hidrolis, biasanya masalah kopling loss terjadi karena adanya kebocoran pada selang atau seal di dalam silinder kopling yang bocor.

Selain itu masalah yang sering dijumpai saat kopling bermasalah adalah plat kopling yang sudah habis masa pakainya. “Nah, kalau plat koplingnya yang habis, bisa menyebabkan gigi susah masuk, tapi pedal masih bisa diinjak dengan nyaman atau dalam arti tidak mengalami loss,” imbuh Iwan.

Dirinya pun menyarankan, jika Anda mengalami hal ini sebaiknya segera periksakan mobil ke bengkel untuk memperoleh perbaikan. “Pasalnya, ketika mobil mengalami masalah sudah sepatutnya kita melakukan perbaikan dan jika tidak ingin ini terjadi rajinlah merawat mobil Anda,” kata Iwan.

Komentar