AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kupas Tuntas Kabel Aki Mobil

Foto : Heri Kuswanto

Kupas Tuntas Kabel Aki Mobil

Auto Bild kupas tuntas kabel aki mobil dan permasalahannya. Siapa pun mengetahui, bahwa komponen aki pada sebuah mobil memiliki peran krusial. Jangan salah, ternyata kabel aki yang menjadi komponen pendukung juga punya peran penting

Auto Bild kupas tuntas kabel aki mobil dan permasalahannya. Siapa pun mengetahui, bahwa komponen aki pada sebuah mobil memiliki peran krusial. Jangan salah, ternyata kabel aki yang menjadi komponen pendukung juga punya peran penting.

Sama halnya dengan sebuah aki, kabel aki memiliki peran tak kalah penting dalam urusan arus listrik di kendaraan. Kabel aki memiliki tugas mentransfer arus listrik dari aki ke motor starter dan untuk kemudian didistribusikan ke komponen listrik lainnya.

Pada sebuah mobil ada dua jenis kabel aki pada mobil. Pertama adalah kabel yang menghubungkan dari terminal positif ke motor starter dan yang kedua adalah kabel yang menghubungkan dari terminal negatif ke sasis atau massa.

Agar kelistrikan berjalan dengan normal, kabel aki harus dapat mengalirkan listrik dengan lancar dari terminal aki sampai ke starter dan ke massa.

Pada sebuah kelistrikan terdapat istilah yang disebut resistensi (hambatan). Resistensi adalah seberapa sulit energi listrik mengalir dalam suatu material.

Faktor yang menyebabkan tingginya hambatan pada kabel aki tergantung dari material kabel, panjang kabel dan luas penampang kabel.

Kini saatnya kami mengupas masalah-masalah yang dapat timbul pada kabel aki dan bagaimana cara memilih kabel aki yang baik. Berikut penjelasannya.

 

354/74-75(16-29Nov16)

Komentar