AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Daihatsu Ayla

Foto : Dok. Auto Bild

Pertimbangan Membeli Daihatsu Ayla Bekas



Halo Auto Bild,
Saya baru menikah 2 tahun lalu dan sekarang memiliki bayi usia 1 tahun. Mau beli mobil terjangkau dan cukup untuk dipakai setiap hari. Ada rekomendasi dari teman untuk membeli Daihatsu Ayla. Mengingat budget, saya melihat buatan tahun 2013 sudah cukup. Bagaimana menurut Auto Bild?

Ari Gunawan
Jakarta, via email

Daihatsu Ayla dikenal memiliki harga jual yang stabil. Literatur kami mencatat harga jualnya untuk model tahun 2013 adalah tipe D M/T Rp 60 juta, M M/T Rp 65 juta, X M/T Rp 70 juta, dan X A/T Rp 80 juta.

Sekarang tergantung budget Anda, model mana yang paling pas. Saran kami bukan model entry level karena akan banyak fitur tambahan mesti disematkan. Paling tidak tipe X. Sebagai penghuni kota besar, pilihan transmisi otomatis jelas sangat memudahkan mobilitas.

Tampak muka Ayla X mendapatkan sentuhan mewah dengan sepuhan krom di beberapa ornamen eksterior seperti foglamp, airdam dan bodi samping. Tampilannya memang terkesan sederhana dengan garis-garis yang tak terlalu tegas. Sayang, belum ada wiper belakang.

Kabin cukup nyaman dengan head unit double DIN terintegrasi. Takometer dan ECO indikator pun telah tersedia dan lengkap dengan MID. Bermodalkan bangku belakang minimalis, ruang kaki dan kepala penumpang jadi terasa lega. Pun dengan volume bagasi menunjang aktivitas keluarga kecil Anda.

Sedikit kurang nyaman lantaran ia mengadopsi mesin 3 silinder yang dikenal ‘kaya’ vibrasi. Mesin 998 cc 3 silinder Ayla bertenaga 65 dk di 6.000 rpm dan torsi 88 Nm di 3.600 rpm. Respons mesin di putaran bawah terasa memadai untuk mobil seberat 765 kg. Ayla terasa pas saat kondisi stop and go.

Catatan konsumsi BBM untuk Daihatsu Ayla matik adalah 13,5 km/l di dalam kota dan 18,5 km/l di tol. Jika ingin lebih irit, tipe transmisi manual mencatat konsumsi BBM 14,9 km/l di dalam kota dan 21,3 km/l di tol. Dengan konsekuensi, Anda harus berjibaku dengan pedal koplingnya di kemacetan jalan.

Banyak di antara pemilik Ayla adalah orang yang baru bisa beli mobil. Bukan meremehkan, tapi mereka memiliki risiko tinggi di jalan. Oleh karena itu perhatikan kondisi bodinya. Pastikan tidak ada bekas tabrakan. Apalagi kalau sampai mempengaruhi keseimbangan sasis.

Pun dengan kaki-kaki depan. Risiko terantuk lubang atau rusak karena gaya mengemudi pemilik sebelumnya bisa mempengaruhi kondisi sistem suspensi dan kemudi.

Dengan usia memasuki 4 tahun, lebih banyak item yang harus Anda cek. Seperti mesin. Lakukan test drive untuk memastikan kondisinya. Dengarkan kalau ada suara aneh. Uji start di jalan menanjak untuk melihat kondisinya. Lihat pula area sekitar ruang mesin jika ada rembesan oli atau hal lain yang mencurigakan.

Mesin Ayla sudah mensyaratkan bensin tanpa timbal dengan nilai RON minimal 90. Dengan alasan ekonomis, bisa saja pemilik sebelumnya menggunakan BBM subsidi. Lakukan pengecekan di bengkel resmi. Pastikan komponen fast moving seperti saringan bensin, oli dan udara rutin diganti guna mereduksi risiko kerusakan.

 

 

360/98(8-21Feb17)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Senin, 1 Agustus 2016

Perbandingan Harga Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla

Daihatsu Sigra yang akan meluncur pada Agustus nanti melengkapi lini produk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang sudah mempunyai Daihatsu Ayla. Lantas berapa perbandingan harga antara Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla?

special-test

Selasa, 4 Oktober 2016

Kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra Dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla

Inilah kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla. Hanya berpaut harga Rp 15 jutaan, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya banyak kelebihan dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

knowledge

Selasa, 18 Oktober 2016

Pasar Mobil Bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Turun Akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Muncul

Bukan hanya pasar mobkas Avanza-Xenia yang terkena dampak penurunan harga akibat munculnya duet LCGC Astra, Sigra dan Calya. Pasar mobil bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla turun akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra muncul

bisnis

Rabu, 11 Januari 2017

Belum Ada Info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift di Dealer

Gosip kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Lalu apakah sudah ada info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift yang bisa digali di dealer

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc?

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Gosip Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc di Indonesia

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 di Indonesia santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

road-test

Selasa, 25 Oktober 2016

Perbandingan Renault Kwid Vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil berdesain mungil itu langsung menjadi pembicaraan dengan harga on the road Rp 117,7 juta. Inilah perbandingan Renault Kwid vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang mempunyai harga mirip.

bisnis

Minggu, 22 Januari 2017

Daihatsu Cetak Rekor Baru