AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mazda CX-5 2.0

Foto : Dok.Auto Bild

Pertimbangan Membeli Mazda CX-5 2.0



Halo Auto Bild,
Belakangan ini model Mazda desainnya begitu menggoda. Salah satunya adalah Mazda CX-5. Oleh karena itu saya terpikat untuk punya. Tapi karena dana terbatas, saya mau beli generasi awal bermesin 2.000 cc. Bagaimana menurut Auto Bild?

Agus Sujatmoko
Via email, Bekasi

Benar, belakangan ini Mazda tampil dengan desain yang lebih keren dan memikat. Bahkan sedikit melampaui zamannya dan jauh dari kesan konservatif. Hal itu juga yang mendorong penjualan Mazda terdongkrak naik, termasuk di Indonesia.

Ok, kembali ke Mazda CX-5. Medium SUV ini pertama hadir pada 2012 dan langsung memikat perhatian banyak kalangan. Saat itu memang baru ada Mazda CX-5 bermesin 2.000 cc. Untuk transmisi hanya ada pilihan 6-speed otomatis.

Literatur kami mencatat harga Mazda CX-5 2.0 2012 adalah Rp 240 juta; 2013 Rp 260 juta; dan 2014 Rp 280 juta. Tinggal disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Unit 1.997 cc 4 silinder sudah mengandalkan teknolgi advanced yakni SKYACTIV. Tak heran bila ia sanggup melontarkan tenaga 155 dk dan torsi 196 Nm. Sprint 0-100 km/jam tembus dalam 10 detik. Sedangkan konsumsi BBM-nya seirit 12,5 km/l di dalam kota dan 14,5 km/l di tol. Lumayan menjanjikan.

Khas produk Mazda, fiturnya juga terbilang lengkap. Seperti sunroof dan lampu depan HID. Lalu AC sudah climate control dan tersedia kontrol traksi serta ESP. Bagi Anda pecinta kedinamisan berkendara, tawaran CX-5 begitu menggiurkan.

Ada sedikit keluhan mengenai bangku belakang CX-5 yang dirasa terlalu tegak. Pun bantingan suspensi terbilang keras untuk sebuah SUV perkotaan.

Mengandalkan skema SKYACTIV membuat mesin Mazda CX-5 lebih fleksibel dalam menelan BBM. Ia pun tidak terlalu menuntut BBM dengan oktan tinggi. Walau demikian, pastikan CX-5 yang ingin Anda beli menggunakan BBM sesuai rekomendasi pabrikan, yaitu RON 92.

Enak diajak ngebut, bisa membuat pemakai sebelumnya tidak terlalu peduli pada kondisi jalan. Oleh karena itu, perhatikan kaki-kaki secara seksama, terutama sisi depan. Apalagi jika Anda memilih model 2012 dengan usia pakai lebih panjang.

Cek kembali kondisi fitur CX-5. Bisa mulai dari memperhatikan engine check saat mesin dinyalakan. Kalau ada indikator fitur nyala, segera konsultasikan ke bengkel resmi. Atau kalau mau periksa rekam jejak, Anda bisa memeriksanya sekalian.

Jaringan bengkel dan ketersediaan onderdil Mazda memang belum sebaik produsen Jepang lainnya. Meski begitu, pihak Mazda terus melakukan penambahan bengkel resmi. Alternatif lainnya, Anda bisa bertanya dulu ke bengkel spesialis Mazda atau komunitas pengguna Mazda CX-5. Berpindahnya keagenan resmi Mazda ke Eurokars juga tidak berdampak banyak pada ketersediaan spare parts.

 

359/98(25Jan-7Feb17)

Komentar

Berita Terkait

knowledge

Kamis, 5 Januari 2017

Konsumsi BBM Renault Koleos Lebih Irit Dibanding Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail

Rangka dan sasis mobil ini masih sebangun dengan Nissan X-Trail. Termasuk juga dengan jantung pacunya. Dan ternyata, konsumsi BBM Renault Koleos lebih irit dibanding Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail

mobil-baru

Rabu, 4 Januari 2017

Mazda CX-5 2017 Terbaru Resmi Meluncur

Mazda CX-5 2017 terbaru akhirnya resmi meluncur di Jepang. Dikabarnya, generasi ketiga dari Mazda CX-5 ini siap dikirimkan ke tangan konsumen mulai awal Februari mendatang

knowledge

Jumat, 18 November 2016

Mazda CX-5 Diesel Siap Hadir di 2017

Produsen mobil asal Jepang, Mazda, dikabarkan resmi melepas Mazda CX-5 terbaru. Selain memperoleh polesan di eksterior dan interiornya, kini Mazda CX-5 terbaru juga hadir dengan pilihan mesin diesel

mobil-baru

Selasa, 1 November 2016

Mazda CX-5 2016 Terbaru Siap Debut di LA Motor Show 2016

Mazda merilis sebuah teaser untuk model Mazda CX-5 2016 menjelang debut globalnya di LA Motor Show 2016 bulan ini. Generasi sebelumnya dari Mazda CX-5 hadir di tahun 2012 lalu yang sekaligus menjadi model tertua pada line up Mazda