AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Beli Mazda6 SKYACTIV Bekas di Indonesia

Foto : Dok. Auto Bild

Tips Beli Mazda6 SKYACTIV Bekas di Indonesia

Berikut adalah tips beli Mazda6 SKYACTIV bekas di Indonesia. Apa saja yang harus diperhatikan?

Berikut adalah tips beli Mazda6 SKYACTIV bekas di Indonesia. Apa saja yang harus diperhatikan?

Dear Auto Bild,

Saya tertarik dengan Mazda6 SKYACTIV. Tampangnya ganteng dan mesinnya canggih. Fiturnya juga katanya lumayan komplet. Dan saya dengar, Mazda6 enak untuk disetir sendiri? Benarkah itu? Target saya adalah Mazda6 tahun 2014. Bagaimana pendapat Auto Bild?

Indra Kosasih
Jakarta
Via email


Ketertarikan Anda pada Mazda6 tidak salah. Apalagi kalau Anda lebih suka menyetir sendiri. Meski masuk dalam segmen Big Sedan bersama Toyota Camry, Honda Accord dan Nissan Teana, tapi handling Mazda6 begitu mengasyikkan di jalan dan fun to drive. Rugi rasanya kalau hanya duduk di bangku belakang. Dengan catatan, bantingannya terbilang keras.

Mazda6 SKYACTIV mulai hadir di indonesia medio 2012. Jadi pilihan Anda untuk tahun 2014 sudah tepat. Data mobil bekas kami menunjukkan bahwa harga Mazda6 2014 berada di kisaran Rp 350 jutaan. Di lain sisi, harga Honda Accord tembus Rp 500 jutaan dan Toyota Camry di kisaran Rp 400 jutaan. Yang mendekati Mazda6 hanya Nissan Teana yang berada di kisaran Rp 350 jutaan.

Mari kita kupas sedikit mesin dengan teknologi SKYACTIV-nya. Mazda6 mengandalkan unit 2.488 cc 4 silinder bertenaga 187 dk di 5.700 rpm dan torsi 250 Nm di 3.250 rpm. Tenaga disalurkan via transmisi otomatis 6-speed.

Bagaimana performanya? Pengetesan kami menunjukkan bahwa ia sanggup menuntaskan 0-100 km/jam hanya dalam 8,5 detik. Asyiknya, konsumsi BBM Mazda6 masih sangat wajar. Ia sanggup mencetak konsumsi BBM dalam kota 10,8 km/l dan rute tol 17,9 km/l.

Fitur berlimpah menjadi daya tarik lain Mazda6. Sebut saja Auto Start-Stop yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Lalu, i-ELOOP yang berfungsi mengkonversi energi dari pengereman untuk mengisi baterai. Fitur ini mempunyai peran penting dalam konsumsi bahan bakar. Belum lagi deretan fitur keselamatan aktif dan pasif lainnya.

Mengadopsi teknologi mesin advanced, Mazda6 menuntut bahan bakar yang sesuai. Bahan bakar subsidi atau oktan di bawah RON 90 tidak disarankan. Baca buku manual untuk memastikan BBM yang direkomendasikan dan tanyakan pemilik sebelumnya mengenai kedisplinan menggunakan BBM yang sesuai. Kalau kurang yakin Anda bisa tanyakan bengkel resmi atau spesialis Mazda terdekat.

Dengan segudang fitur yang berhubungan dengan elektrikal, pastikan semua berfungsi dengan baik dan normal. Waspadalah jika pemilik sebelumnya melakukan modifikasi sistem kelistrikan, seperti untuk audio. Biaya perbaikannya cukup mahal bila ada kerusakan pada fitur-fitur yang berhubungan dengan kelistrikan.

Oh ya, jangan segan untuk melakukan test drive mobil incaran Anda. Dengan begitu Anda bisa merasakan jika ada potensi masalah, seperti di kaki-kaki. Anda juga bisa mencoba mengoperasikan fitur-fitur dan melihat apakah bisa berfungsi dengan baik.

 

353/98(2-15Nov16)

Komentar