AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Beli Mobil Bekas Toyota Fortuner Diesel VNT

Foto : Dok. Auto Bild

Tips Beli Mobil Bekas Toyota Fortuner Diesel VNT

Berikut beberapa tips beli mobil bekas Toyota Fortuner diesel VNT. Apa saja yang harus diperhatikan?

Berikut beberapa tips beli mobil bekas Toyota Fortuner diesel VNT. Apa saja yang harus diperhatikan?

Halo Auto Bild,
Mumpung lagi demam Toyota Fortuner baru, saya tertarik untuk memiliki Toyota Fortuner juga. Tapi bukan yang baru, melainkan model diesel lawas sekitar tahun 2013. Itu sudah VNT ya? Oh ya, apa yang harus saya perhatikan saat ingin membelinya?

Dito
Via email


Benar, Toyota Fortuner diesel tahun 2013 sudah pakai teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT). Prinsip kerja teknologi ini sederhana saja. Di dalam rumah turbo terdapat 12 bilah nozzle yang mengelilingi turbin yang diputar oleh gas buang. Saat putaran mesin rendah, putaran turbin masih lemah. Sudut antar nozzle dipersempit.

Udara yang mengalir naik kecepatannya dan turbo berputar lebih kencang. Positifnya, isapan udara segar ke intake semakin banyak. Analoginya seperti Anda menekan ujung selang agar air dapat menyembur lebih jauh.

Turbo lag yang biasa terjadi di putaran mesin rendah dapat dihilangkan karena mesin tidak pernah kehabisan napas. Intercooler yang mendinginkan suhu udara dan memperbesar densitasnya di saluran masuk memaksimalkan hasilnya.

Oke, kembali ke keputusan Anda untuk window shopping Fortuner diesel tahun 2013. Ia mengandalkan mesin berkode 2KD-FTV dengan kapasitas 2.499 cc 4 silinder bertenaga 144 dk di 3.400 rpm dan torsi maksimum 350 Nm di 1.600-2.800 rpm. Sayang transmisinya masih 4-speed konvensional untuk yang otomatis dan 5-speed manual.

Namun, performanya terbilang lebih dari memadai. Saat pertama dirilis kami mengujinya. Ia mencatat sprint 0-100 km/jam hanya dalam 12,4 detik. Sementara konsumsi BBM-nya tercatat 14,6 km/l di tol dan 11,8 km/l di dalam kota.

Anda bisa pilih tipe G TRD Sportivo jika ingintampilan luar lebih keren dan gagah. Model ini mendapatkan balutan body kit TRD Sportivo. Aplikasi panel sporti TRD Sportivo terlihat di front bumper spoiler, front fender mirror, rear bumper spoiler, roof spoiler dan muffler cutter. Imbuhan logo VNT berkelir merah di sisi kanan bagasi sebagai penegas eksistensinya.

Tidak hanya itu, suspensinya juga sudah menggunakan versi TRD Sportivo yang lebih keras dari versi standar. Memang risikonya bantingan suspensi terasa lebuh keras, tapi ia lebih stabil saat manuver cepat.

Di dalam, karena mengambil basis tipe G, jok masih dibalut fabric. Desain dasbor kalah keren dari versi saat ini. Fitur cukup lumayan walau bukan yang terbaik di kelasnya. Ia sudah punya AC climate control, head unit double DIN, kontrol audio di setir, dan monitor atap untuk penumpang belakang.

Memanfaatkan mesin diesel, Anda mesti memastikan bahwa pemilik sebelumnya menggunakan BBM yang sesuai. Jika ragu, silakan bawa ke bengkel resmi guna memastikan. Sekalian Anda juga bisa memeriksa track record-nya dan komponen lain yang dikhawatirkan bermasalah.

Risiko bahan bakar yang tidak sesuai dapat merusak pompa dan filter BBM serta injektor. Komponen ini tidak ada yang murah harganya. Jadi Anda pastikan itu sebelum membelinya.

Periksa juga kondisi suspensi depan dan belakang. Apalagi bila pemilik sebelumnya gemar modifikasi pelek atau bermain light off-road. Atau bisa karena pemilik lama merasa suspensinya terlalu keras dan mengganti dengan produk aftermarket.

 

351/98(5-18Okt16)

Komentar