AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Cara Cegah Kopling Mobil Bermasalah

Tips Cara Cegah Kopling Mobil Bermasalah

Jika ditinjau, penyebab paling besar adalah masalah pada minyak kopling yang biasanya dialami oleh kendaraan dengan tipe hidrolik. Berikut tips cara cegah kopling mobil bermasalah

Salah satu masalah yang kerap membuat kaget pengemudi adalah kopling mobil tiba-tiba hilang atau loss. Kopling yang bermasalah sangat mungkin terjadi, baik kopling tipe hidrolik maupun tipe mekanis. Jika ditinjau, penyebab paling besar adalah masalah pada minyak kopling yang biasanya dialami oleh kendaraan dengan tipe hidrolik. Berikut tips cara cegah kopling mobil bermasalah.

Untuk kopling mobil model kabel maka sangat mungkin penyebab kopling loss adalah kabel putus, bisa juga setelannya lepas atau mengendur. “Jika kopling model kabel bermasalah sebaiknya cek usia pakai dari kabel tersebut apakah masih baik, serta periksa setelannya agar tidak lepas ataupun kendor,” ujar Iwan Abdurrahman Kepala Bengkel TAM Sunter.

Kebocoran Hidrolis

Dirinya pun menambahkan jika model hidrolis yang bermasalah, biasanya diakibatkan oleh bocornya selang atau seal di dalam silinder kopling. Iwan menambahkan, “Untuk itu sebaiknya periksakan ke bengkel dan jika memang benar seal-nya rusak segera ganti.”

Sedangkan kalau yang terjadi kopling slip segera periksakan ke bengkel karena bisa jadi plat koplingnya sudah aus. “Efek yang ditimbulkan bisa susah masuk gigi, tapi pedal masih bisa diinjak dengan nyaman dan tidak ngelos,” imbuhnya.

Dirinya pun menyarankan, jika tidak ingin mengalami kejadian sedih seperti itu, sebaiknya rawatlah kendaraan dengan baik. “Lakukanlah service berkala, sehingga Anda bisa dapat saran yang sesuai dari mekanik bengkel,” tutup Iwan.

Tags kopling

Komentar