by

Tips Beli Nissan Serena C26 Bekas

Autobild.co.id – Tips Beli Nissan Serena C26 Bekas. Sudah terkenal sejak generasi pertamanya dengan kode C23, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali menghadirkan Nissan Serena generasi keempat (C26) dengan desain modern dan dan tetap fokus pada kenyamanan.

Tampilan luar semakin aerodinamis, kualitas kabinnya tetap sangat nyaman untuk perjalanan jauh. Selain dikaruniai kabin luas dengan jok baris kedua captain seat, bantingan suspensi Serena pun terasa lembut.

Menggunakan pintu geser elektris di kedua sisinya, membuat aura mewah terasa kental. Bahkan tren positif itu memberikan nilai kepraktisan tinggi berkat akses masuk-keluar kabin yang menjadi sangat lapang dan mudah.

Di dalam kabin perangkat hiburan tidak hanya tersedia di dasbor tengah seperti pada mobil umumnya. Untuk menghibur penumpang belakang, Nissan Serana sudah dilengkapi roof monitor. Dan adanya meja lipat di bangku baris kedua memberikan nilai tambah darisisi kepraktisan.

Urusan performa, MPV ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.997 cc 4 silinder, jantung penggerak berkode MR20DD mampu merilis tenaga sampai 147 dk dan torsi 205 Nm.

Dikawinkan dengan transmsisi CVT, Nissan Serena memiliki penyaluran tenaga yang halus sekaligus memberikan efisiensi BBM. Bahkan soal akselerasi, Nissan Serena merupakan salah satu yang terbaik jika dibanding dengan rival sekelas.

Soal fitur, mobil ini tergolong lengkap. Sebut saja seperti cruise control, mode berkendara hemat, AC climate control dan atap panoramik sudah menjadi kelengkapan standar.

Jika sudah jatuh hati terhadap Nissan Serena bekas ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli. Simak pemaparan kami.

History

2013: Sejatinya Nissan Serena sudah diperkenalkan dari generasi pertama dengan kode bodi C23. Kala itu mobil ini juga cukup dilirik karena memiliki desain menarik pada zamannya.

Mendapat respons positif, Nissan Serena akhirnya mulai diproduksi di Indonesia pada 2004 dengan kode bodi C24.

Kemudian PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan Serena generasi keempat dengan desain lebih modern dan mewah pada awal 2013. Dikenal sebagai Nissan Sereca C26 mobil ini menawarkan kenyamanan ekstra serta kabin mewah.

2015: Setelah mendapatkan penantang baru Mitsubishi Delica, NMI sadar jika kehadiran Nissan Serena mulai terusik. Pada tahun 2015 NMI pun akhirnya melakukan facelift pada Serena. Sebenarnya desain ini mengacu pada Nissan Serena S-Hybrid yang dijual di Malaysia.

Selain melakukan penyegaran tampilan luar dan dalam, NMI juga melengkapi Nissan Serena dengan fitur tombol audio di setir dan lampu DRL.

Checklist

Catatan Servis
Memeriksa buku servis merupakan pedoman wajib sebelum membeli mobil bekas. Anda bisa mendapatkan informasi tentang riwayat servis mobil dengan jelas. Ketika Serena incaran tercatat rutin melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, tentunya bisa menjadi salah satu acuan jika mobil incaran memiliki indikasi layak untuk dibeli.

Kaki-kaki
Meski jarang ditemukan masalah pada kaki-kaki, tak ada salahnya sebelum membeli memeriksanya dengan teliti. Pastikan tidak ada kendala berarti mengingat kondisi jalanan Indonesia yang kerap berlubang ketika musim hujan tiba.

Selain itu, bila Anda mengincar C26 versi awal dengan usianya lebih tua, biasanya mobil yang memiliki umur lebih dari 3 tahun memiliki kecenderungan penurunan performa.

Struktur Bodi
Selain buku servis, memeriksa struktur bodi bisa jadi tahap selanjutnya. Ini penting dilakukan untuk mencegah Anda mendapatkan mobil yang pernah mengalami kecelakaan fatal yang pernah dialami oleh pemilik sebelumnya.

Anda bisa memeriksanya dengan cara membuka kap mesin. Lantas Anda bisa memeriksa sisi pinggir kap mesin bagian dalam apakah ada lekukan tidak simetris atau tidak. Adanya lekukan pada bodi mobil mengindikasikan mobil telah mengalami tabrakan parah.

Perhatikan!

Sliding Door
Setelah memeriksa bagian eksterior, interior dan melakukan sesi test drive untuk memastikan kondisi mobil incaran di kondisi ideal, sebaiknya Anda tak luput pada bagian ini.

Pastikan pintu geser elektrisnya berjalan dengan kondisi prima dan mampu melakukan proses buka tutup dengan smooth dan tanpa noise. Tak kalah penting mengingat komponen ini jika diharuskan servis memerlukan biaya relatif mahal.

Bahan Bakar
Berbeda dengan Nissan Grand Livina yang masih mampu menenggak RON 88, khusus Nissan Serena direkomendasikan untuk memakai BBM dengan kualitas RON 92. Selain membuat pembakaran lebih sempurna, juga untuk menjaga umur pakai lebih panjang pada bagian injektor bahan bakarnya sendiri.

Pendapat Bengkel
Yendro Arie Wibowo
Workshop Head & Field Service Coordinator Nissan Alam Sutera

Nissan Serena khususnya kode bodi C26 tergolong memiliki tahun produksi muda. Namun, untuk mobil bekas Nissan Serena dengan kondisi ideal, selain memastikan catatan buku servis, baiknya jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

Rekomendasi
Kami menyarankan untuk membeli Nissan Serena versi facelift yang diproduksi pada 2015. Selain memiliki desain eksterior dan interior lebih segar, fiturnya juga semakin lengkap demi mendukung aktivitas berkendara lebih menyenangkan.

Tabel Biaya
Nissan Serenca C26 Tipe HWS Panoramic 2013 Rp 270 jutaan
2014 Rp 290 jutaan
2015 Rp 330 jutaan
2016 Rp 360 jutaan

Spare Parts

Sokbreker Depan Rp 1.393.000 x 2
Sokbreker belakang Rp 1.144.000 x 2
Brake pad depan Rp 895 ribu
Brake pad belakang Rp 1 juta
Busi Rp 253.500 x 4
Filter Oli Rp 34.000
Filter udara Rp 195.000
Fan belt Rp 350.000

Comment

Berita Terbaru