by

Yang Terjadi Kalau Mobil Sering Nganggur

AutoBild.co.id – Tentu kemacetan telah menjadi sebuah momok untuk hampir semua kota besar di Indonesia, dimana kelihatannya kemacetan semakin hari semakin parah sebab kurangnya pembangunan insfratruktur yang tidak sebanding dengan tingginya animo masyarakat dalam menggunakan kendaraan pribadi. Bagi banyak orang yang tidak mau pusing dengan kemacetan, solusi nya adalah menggunakan transportasi umum atau menggunakan motor dan meninggalkan mobil mereka dirumah agar aktivitas dan kegiatan tidak terlambat karena terjebak kemacetan. Yup, mobil sepertinya lebih susah menembus kemacetan dan resikonya bahkan bisa terjebak ditengah tengah kemacetan yang parah.

Jaman transportasi online, jalur khusus untuk transportasi publik, terlihat lebih mudah untuk sampai di tempat tujuan dibandingkan menggunakan mobil, sehingga leh karena itu, banyak orang yang hanya “mengistirahatkan” mobil mereka dirumah, dan mungkin hanya menggunakan pada saat akhir pekan bersama keluarga. Tapi apakah dengan mengistirahatkan mobil anda dirumah dan jarang dipakai bisa dibilang aman untuk mesin dan sebagainya ?

Tentunya mobil yang jarang dipakai akan membuat sebagian suku cadang akan menjadi lebih awet karena penggunaan yang jarang, tetapi jangan lupa untuk mengistirahatkan mobil di tempat yang teduh atau menggunakan selimut mobil agar lapisan cat dan eksterior mobil tidak mudah rusak karena cuaca maupun tangan-tangan “jahil. Tetapi walaupun begitu, mobil yang sering nganggur akan tetap memiliki masalah dimana salah satunya adalah aki yang kehabisan listrik, yang berakibat mobil tidak bisa dinyalakan ketika di starter.

Kok bisa ?? Hal ini dikarenakan dinamo starter mengandalkan listrik yang stand by di dalam aki. Sementara itu, listrik di dalam aki diisi oleh alternator yang baru akan bekerja saat mesin mobil dihidupkan, tetapi karena mobil jarang dinyalakan maka listrik yang di tersimpan didalam aki pun susut dan habis, sehingga tidak ada asupan listrik lagi untuk mobil anda. Solusinya adalah, walaupun mobil jarang anda gunakan, tetapi sebaiknya meluangkan waktu memanaskan mobil sekitar 5-10 menit setiap hari untuk menghindari hal tersebut.

Masalah lainnya jika mobil jarang digunakan adalah menumpuknya jamur atau bercak /kerak di kepala aki atau di kepala terminal yang dapat menyebabkan mobil sulit di starter. Solusi nya dengan sering meluangkan waktu untuk membersihkan kepala terminal yang berjamur yang dapat menimbulkan kerak atau bercak.

Comment

Berita Terbaru