AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

KONEKTIVITAS SMARTPHONE AUDIO MOBIL

Foto : Triyatna Widyadi

Cara Screen Mirroring Smartphone ke Audio Mobil



Media 6 tahun ke belakang, kita mungkin sering mendapati penggunaan head unit standar pabrikan model single DIN atau double DIN biasa. Ia hanya dibekali fitur standar seperti memutar FM/AM, CD, MP3, USB atau paling oke bisa terkoneksi ke smartphone tanpa kabel via sambungan bluetooth.

Namun, kini head unit standar pabrikan sudah banyak yang memakai monitor layar sentuh. Tidak saja berkesan mewah, berbagai fitur sudah ditambahkan mulai dari mirroring, Wi-Fi, sampai ditambahkan sambungan HDMI2.

Aneka konektivitas yang ada bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan awak kabin. Selain juga memberi nilai tambah dalam keamanan berkendara. Sayang, beberapa dari pengguna mobil yang awam justru terjebak dengan kecanggihan fitur konektivitas dan tidak fasih menggunakannya.


Mirroring/Miracast

Mirroring atau disebut juga miracast hanya bisa dilakukan ke head unit dengan layar. Ia seperti kloning atau peer-to-peer screencasting tanpa kabel via Wi-Fi Direct dari smartphone, desktop atau tablet. Hasilnya tampilan menu smartphone bisa terlihat di layar head unit. Langkahlangkahnya sebagai berikut:

Aktifkan menu mirroring atau miracast. Masuk ke home kemudian pilih menu miracast. Langkah ini sekaligus mengaktifasi fungsi Wi-Fi dan menunggu perangkat smartphone yang siap untuk terhubung.

Aktifkan menu “Screen Mirroring” di Smartphone. Masuk ke menu “Setting” kemudian pilih “Screen Mirroring”. Setelah itu, sistem akan membaca dengan sekejap perangkat yang siap terhubung. Pada Toyota Innova misalnya akan muncul Android_3326 pilih Android_326 dan tunggu notifikasi “Loading Connection”.

Jika sambungan diketahui maka akan muncul “Innvitation to Connect”. Pilih “Accept” dan miracast akan langsung membuat beberapa fungsi di Smartphone tampil di layar head unit. Mulai dari musik, gambar, atau video.

 

 

374/66-67(23Agts-5Sep17)

Komentar